_dsc1556

Rektor Ubhara Jaya, Irjen Pol (Purn) Drs. H. Bambang Karsono, S.H., MM melakukan kunjungan serta pertemuan terkait dengan dijalinnya kerja sama dalam bidang pendidikan dengan Universitas Mindanao yang ditandatangani oleh kedua belah pihak, antara Rektor Ubhara Jaya dan Rektor Universitas MIndanau (UM), Guillermo P. Torres, Jr. Ed.D. Perjanjian kerjasama dilanjutkan dengan seminar mengenai Bahasa, Budaya, dan Seni antara kedua negara, Tari yang diwakilkan oleh 3 (tiga) mahasiswi dari Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Komunikasi dan Fakultas Psikologi. Tim Tari menampilkan dua tarian daerah Bekasi yaitu Tari Lenggang Bekasi dan Bajidor Kahot.

Kerja sama ini memungkinkan kedua  belah pihak melakukan pertukaran mahasiswa dan dosen, setiap mahasiswa dari kedua  universitas memiliki kesempatan mengikuti: program akademik UM dan Ubhara Jaya dalam 3 atau 4 matakuliah selama 3-4 atau 5 bulan, dengan skema transfer kredit (SKS) serta program non-kredit untuk jangka pendek misalnya sebulan dengan menghadiri kursus bersertifikat (bahasa Inggris, Kebudayaan, Parawisata, Hubungan Internasional, dll). UM dan Ubhara Jaya dapat menyusun program yang sesuai/disepakati. Sedangkan untuk dosen/staf : magang di bidang pendidikan dan penelititan.

Sehubungan dengan bidang studi, baik UM dan Ubhara Jaya sepakat untuk mempromosikan ‘kriminologi’ sebagai bidang yang diminati.  Program kerja sama tidak akan terbatas pada kriminologi, tetapi dapat diperluas untuk bidang studi lainnya, seperti teknik, psikologi, manajemen atau terorisme. Dalam kasus terorisme, misalnya, diskusi bahkan dapat memperluas kerjasama antara UM dan Ubhara Jaya menuju kemungkinan untuk merangkul kemitraan  BIMP (Brunei, Indonesia, Malaysia, Filipina) untuk membangun studi bersama, penelitian atau seminar ilmiah dalam pendekatan yang lebih sistematis. Pertukaran mahasiswa, penelitian bersama dan program kerjasama akademik lainnya akan  dilaksanakan setelah pelaksanaan Konferensi Internasional yang akan diadakan Ubhara Jaya dengan salah stau pembicaranya dari UM.