Ubhara Jaya- Perdagangan manusia (Human Trafficking) menjadi permasalahan internasional seiring terbukanya globalisasi. Penelitian yang melibatkan dosen Universitas Mindanao (UM) Filipina Leo Carlo Rondina, BS.Crim,MS.Crim dan Dosen Fakultas Hukum Universitas Bhayangkara Jakarta Raya (Ubhara Jaya) Lukman Hakim, SH, MH mempresentasikan Penelitian yang mengkaji tentang tren dan pola perdagangan manusia di Indonesia pada konferensi perpisahan dan hasil penelitian yang diselenggarakan Ubhara Jaya, Rabu (30/5) di Kampus II Bekasi.
Pemaparan hasil penelitian Leo Carlo sekaligus menutup konferensi perpisahan yang bersangkutan sebagai peserta program fellowship selama 6 bulan di Ubhara Jaya. Pada tahun sebelumnya Ubhara jaya mengirimkan salah satu dosen dari Fakultas Hukum, Ms. Clara Tobing sebagai staf pengajar dan peneliti ke UM sebagai bagian tindak lanjut Memorandum of Understanding (MoU) tahun 2016 antara Ubhara Jaya dengan UM.
Menyampaikan Pesan dari Rektor Ubhara Jaya, Diah Ayu Permatasari, ST, SIP, M.IR, Wakil Rektor IV dalam sambutannya mengatakan, “Diharapkan kerjasama UM dan Ubhara Jaya yang sudah terjalin dua tahun ini akan diperluas lagi dalam kegiatan positif lain seperti seperti studi banding ke Mindanao, joint and double degrees dan program penelitian bersama. Selain itu diharapkan manfaat kerja sama pendidikan dan kebudayaan ini tidak hanya dirasakan oleh kedua universitas, tapi juga berguna untuk meningkatkan hubungan baik negara Indonesia dengan negara Filipina,” imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Dekan College of Criminal Justice Education UM Dr. Carmelita D. Chaves memberikan apresiasinya atas penerimaan yang sangat baik dari seluruh civitas akademika Ubhara Jaya kepada Rondina selama mengikuti program visiting fellowship di Ubhara Jaya. Ia menganggap, kerjasama antara Ubhara Jaya dan UM sangat bermanfaat untuk itu perlu dikembangkan lebih lanjut.
Pada Keesokan harinya, Exit Conference ini diikuti dengan Perpisahan yang khusus diadakan oleh Rektor Ubhara Jaya Drs. Dr.(c). H. Bambang Karsono, SH., MM kepada fellowship dari Universitas Mindanao Leo Carlo Rondina, BS.Crim,MS.Crim, yang mengapresiasi program pertukaran Dosen yang berjalan dengan baik selama ini untuk terus ditingkatkan untuk mencapai tujuan Ubhara Jaya menjadi Universitas berkelas Dunia.

Tim Media Ubhara Jaya