Ubhara Jaya-Masih di bulan Syawal dan nuansa Idul Fitri, Keluarga Besar Universitas Bhayangkara Jakarta Raya (Ubhara Jaya) menggelar acara Halal Bi Halal Idul Fitri 1439 H/ 2018 M pada Sabtu (23/6) di Auditorium UBJ Bekasi.

Halal bihalal dengan tema “Dengan Hikmah Halal Bihalal 1 Syawal 1439 H Kita Tingkatkan Toleransi Beragama dalam Implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi di Lingkungan Kehidupan Kampus Menangkal Paham Radikalisme“ diikuti seluruh sivitas akademika Ubhara Jaya mulai dari Rektor, Wakil Rektor, Dekan, Direktur Pascasarjana, Wakil Dekan, Wakil Direktur Pascasarjana, Ketua Lembaga, Kabiro, Kabag, dan Kasubag serta dosen dan tenaga kependidikan di lingkungan UBJ. Turut hadir perwakilan Yayasan Brata Bhakti,

Rektor UBJ, Irjen Pol (Purn) Dr. (c). Drs. H. Bambang Karsono, SH.,M.M dalam sambutannya mengatakan, kegiatan halal bihalal adalah agenda rutin keluarga besar UBJ dalam mempererat tali silaturahmi dengan seluruh keluarga besar Ubhara Jaya. Dikatakan Rektor, Halal Bihalal merupakan istilah khas Indonesia karena tidak termuat dalam Al-Quran dan Hadist. Mulanya istilah ini disebutkan oleh K.H Abdul Wahab Chasabullah, salah seorang Ulama pendiri Nahdatul Ulama yang kemudian oleh Presiden Soekarno waktu itu disetujui sebagai penyebutan silaturahim khusus Idul Fitri. “Diharapkan dalam kesempatan yang berbahagia ini kita semua Civitas Akademika Ubhara Jaya saling memaafkan, kembali kepada fitrah dan menang melawan hawa nafsu, kembali kepada jati diri yang bersih, bening dan penuh ketulusan, Insya Allah,”kata Rektor.

 

Lanjutnya, Rektor Ubhara Jaya juga mengemukakan beberapa kebijakan dan pembenahan universitas yang berkaitan dengan Implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Dalam kesempatan ini ingin saya pergunakan untuk introspeksi, mawas diri dalam mengevaluasi kesehatan Ubhara Jaya dalam aspek Pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi mencakup bidang Akademik, bidang Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Melalui Pengembangan Academic Culture, Academic Environmental, Academic Freedom. Kedua, membahas tentang  Pembinaan Personil Meliputi Membangun Komitmen, Memupuk Disiplin, Meningkatkan Kinerja Berbasis Peningkatan Kesejahteraan.

 

Acara dilanjutkan dengan Ceramah Halal Bihalal yang di isi oleh Dr. H. Muh Yahya Agil, MM yang juga menjabat sebagai ketua pengurus Masjid Ulul Albab UBJ. Dalam ceramah, beliau menjelaskan tiga orang beruntung dalam Alquran, “Mereka adalah orang yang membersihkan diri, yang selalu ingat dengan Tuhannya dengan berzikir dan yang menegakkan shalat”. Berikutnya, beliau menjelaskan tentang Hakikat zakat fitrah sesuai hadist nabi “Zakat Fitrah itu pembersih orang yang berpuasa dan menjadi makanan bagi orang miskin”. Beliau juga menyampaikan tentang pentingnya membangun toleransi dengan tidak mengklaim diri merasa paling benar dari kelompok lain dan saling menjaga persaudaraan antar umat beragama lain.

Tim Media Ubhara Jaya