Bekasi-Sepertinya Nama Tito Karnavian sebagai Kapolri sudah tidak lagi asing bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Namanya turut melambung seiring dengan meningkatnya respon positif masyarakat dan pemberitaan media akan kinerja Polri belakangan ini. Tak heran, kisah dan prestasi gemilangnya direkam dalam banyak buku, salah satunya Buku dengan tajuk “Dengan Promoter Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D. Meningkatkan Kinerja dan Citra Polri” hasil guratan tangan Tokoh Polisi Senior Prof. Dr. Awaloedin Djamin, MPA. “Jujur Saya kurang nyaman dengan judulnya. Seolah-olah Saya sudah berhasil mengangkat kinerja dan citra polri. Sementara Saya belum berbuat banyak untuk bangsa dan Polri. Saya sendiri menulis beberapa buku tapi tentang konsep dan pemikiran. Bukan tentang pribadi. Saya tidak ingin populer secara pribadi, ”ungkap Kapolri Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D.

Tito melanjutkan, “Ada beberapa rekan yang menulis buku, bahkan biografi yang mengaitkan nama saya. Namun Saya menolak datang ke acara bedah bukunya. Tapi kali ini Saya bersedia datang karena penulisnya adalah sosok luar biasa yang Saya kagumi atas intelektualitas, integritas, dan semangat dedikasinya pada kemajuan institusi Polri.” Kedatangan yang dimaksud Tito adalah acara peluncuran dan bedah buku yang diselenggarakan Universitas Bhayangkara Jakarta Raya (Ubhara Jaya) bersama Yayasan Brata Bhakti (YBB) dan Yayasan Tenaga Kerja Indonesia (YTKI) di Auditorium Ubhara Jaya Kampus II Bekasi, Kamis (24/1).  Tito hadir sebagai keynote speaker.

Acara bedah buku karya Prof. Dr. Awaloedin Djamin, MPA tersebut dihadiri langsung oleh Kapolri Jenderal Polisi Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D,  didampingi sejumlah Pejabat Utama Mabes Polri. Tamu yang hadir antara lain Ketua Pembina Yayasan Brata Bhakti (YBB) Jenderal Polisi (Purn) Drs. Sutanto yang juga mantan Kapolri, Komjen Pol (Purn) Drs. Ahwil Lutan, SH., MBA., M.M. selaku Sekjen YTKI dan Irjen Polisi (Purn) Drs. S.A. Soepardi, M.M Ketua Pengurus YBB. Mewakili penulis buku, Soenarjanto Indratono, salah satu anggota keluarga penulis membeberkan latar belakang penulisan buku yang berasal dari keberhasilan Polri dalam melaksanakan pengamanan event-event besar di Indonesia seperti Asian games,  Asian Paragames,  IMF World Bank,  dan pengamanan Natal yang berlangsung secara aman dan kondusif.  Berbagai lembaga survei juga mengulas tentang keberhasilan-keberhasilan Polri.

“Buku ini merupakan kumpulan tulisan Prof. Awaloedin untuk mendukung tugas Tito sejak awal menjabat sebagai Kapolri. Selaku Ketua Penasihat Ahli Kapolri, Prof. Awaloedin senantiasa menyumbangkan pemikiran dan masukannya kepada Kapolri untuk menyempurnakan implementasi Program Promoter Polri,” katanya.

Tito sendiri turut berterimakasih dan kagum  kepada penulis atas keberhasilannya dalam menyusun buku yang mengangkat upaya Kapolri dalam mengimplementasikan Program Promoter. “Di awal masa kepemimpinannya sebagai Kapolri, tingkat kepercayaan publik terhadap Polri berada pada posisi ketiga terendah. “Program Promoter telah memberikan hasil positif yang signifikan. Saat ini Polri berada pada posisi ketiga dengan tingkat kepercayaan terbaik. Kami akan terus meningkatkan kinerja agar semakin baik,” tegasnya. Usai sambutan, acara dilanjutkan dengan bedah buku dengan menghadirkan empat pakar dengan ragam latar belakang yang berbeda. Ada di antaranya Peneliti senior LIPI/Ketua Pusat Kajian Keamanan Nasional Ubhara Jaya Prof. Hermawan Sulistyo, MA, PhD, APU, Wakil Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri, Irjen Pol Drs. Boy Rafli Amar,MH, mantan Rektor Pertama Ubhara Jaya Prof. Korsparmono Irsan SH, MM, dan Dr. Drs. Winarto, SH, MSi. Bertindak sebagai moderator adalah Ketua Pengurus YBB, Drs. SA Supardi, MM.

Sebelumnya, Rektor Ubhara Inspektur Jenderal Polisi (P) Dr. H. Bambang Karsono Drs., SH, M.M, mengucapkan terima kasih atas kehadiran Kapolri dan para  undangan.  Rektor berharap, kegiatan ini dapat lebih memberikan inspirasi, motivasi serta inovasi kepada civitas akademika Ubhara jaya terutama bagi dosen dan mahasiswa untuk meningkatkan produktivitas dalam penulisan buku-buku serta karya ilmiah.

“Semoga para tamu undangan dapat mengenal lebih dekat keberadaan Ubhara Jaya yang didirikan pada tahun 1995 oleh Kapolri waktu itu selaku eks officio sebagai ketua Yayasan Brata Bhakti Polri,”sebutnya kemudian. Rektor juga menjelaskan peluncuran dan bedah buku ini merupakan prakarsa dari Yayasan Tenaga Kerja Indonesia (YTKI) dan Yayasan Brata Bhakti (YBB) yang diselenggarakan di Ubhara Jaya.

“Mewakili seluruh  Civitas Akademika Ubhara Jaya, Saya menghaturkan apresiasi yang luar biasa kepada Bapak Jenderal Polisi (Purn) Prof. Dr. Awaludin Djamin, MPA atas dedikasinya selama ini dan terus menjadi inspirator bagi kita semua, bagi Ubhara Jaya.  “

 

Tim Media Ubhara Jaya