Bekasi – Universitas Bhayangkara Jakarta Raya (Ubhara Jaya) dibawah naungan Yayasan Brata Bhakti (YBB) dan Yayasan Tenaga Kerja Indonesia (YTKI) menyelenggarakan acara peluncuran dan bedah buku “POLRI Dalam Dinamika Sejarah” karya Almarhum Jenderal Polisi (Purn) Prof. Dr. Awaloedin Djamin, MPA dan Dr. G. Ambar Wulan, M.Hum yang juga hadir sebagai narasumber. Digelar pada Selasa (30/7)  di Auditorium Grha Tanoto Kampus II Ubhara Jaya, Bekasi. Acara bedah buku ini dihadiri oleh Irwasum POLRI Komjen Polisi Drs. Moechgiyarto, S.H., M.Hum mewakili Kapolri Jendral Polisi Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, MA, Ph.D yang berhalangan hadir. Tamu yang hadir pada acara ini antara lain, Ketua Pembina Yayasan Brata Bhakti (YBB) Jendral Polisi (Purn) Dr. Drs. Chaerudin Ismail, SH, MH, Sekjen YTKI, Komjen Pol (Purn) Drs. Ahwil Lutan, SH., MBA., M.M., Ketua pengurus Yayasan Brata Bhakti, Irjen. Pol (P) DR. Drs. E. Winarto. SH.MSi dan para pejabat-pejabat utama Mabes POLRI. Hadir sebagai pembicara diantaranya,  Prof. DR. Taufik Abdulah, Brigjen Pol. Drs. Istu Hari Winarto SH.MM, dan Ketua Pusat Kajian Keamanan Nasional Ubhara Jaya Prof. Hermawan Sulistyo, MA, PhD, APU.

Dalam sambutannya, Rektor Ubhara Jaya Irjen Pol. (Purn) Dr. Drs. Bambang Karsono, S.H., M.M., mengucapkan terima kasih dengan penuh rasa hormat kepada para tamu undangan dan Pejabat Utama Mabes POLRI karena telah memberikan kepercayaan kepada Ubhara Jaya untuk peluncuran dan bedah buku “Polri dalam Dinamika Sejarah”. Dalam kesempatan ini Rektor menyampaikan, dengan diselenggarakannya acara ini diharapkan dapat lebih memberikan motivasi serta semangat kepada Dosen dan Mahasiswa untuk meningkatkan produktifitas dalam melakukan penelitian serta penulisan buku guna dipublikasikan pada jurnal ilmiah yang bereputasi. Beliau melanjutkan “Segenap civitas akademika Ubhara Jaya akan senantiasa mengenang jasa dan pengabdian yang luar biasa dari Bapak Jenderal Polisi (Purn) Prof. Awaloeding Djamin, MPA. Karena sepanjang karir hingga akhir hayat, beliau masih terus berkarya dan terus menjadi inspirator bagi kita semua, bagi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, bagi Bangsa dan Negara”, pungkasnya.

Dalam kesempatanya, Irwasum POLRI Komjen Polisi Drs. Moechgiyarto, S.H., M.Hum mewakili Kapolri menjelaskan tentang riwayat hidup Almarhum Jenderal Polisi (Purn) Prof. Dr. Awaloedin Djamin, MPA. Selanjutnya beliau mengungkapkan bahwa mengenai kesadaran kedudukan sejarah sebagai sesuatu yang penting dalam kehidupan. Salah satunya adalah kehidupan Institusi POLRI dan Dinamika sejarah POLRI tidak terlepas dari Dinamika Sejarah Negara Republik Indonesia dimana POLRI senantiasa menjadi unsur penting dalam mempertahankan dan mengisi kemerdekaan. “Buku “POLRI Dalam Dinamika Sejarah” ini mencakup sejarah POLRI dari periode pra Kemerdekaan sampai Pasca kemerdekaan . Pada masa kolonial Belanda di Indonesia , Praktik Pemolisian sudah dikenal pada zaman kuno termasuk ketika bangsa ini hidup dalam sistem kerajaan”, pungkasnya.

Acara inti bedah buku ini sendiri dimulai oleh moderator yang merupakan Ketua pengurus  YBB, Irjen. Pol (P) DR. Drs. E. Winarto. SH.Msi. Sesi pertama, Dr. G. Ambar Wulan, M.Hum menjelaskan tentang bagaimana sebuah konstruksi dinamika sejarah POLRI beliau susun bersama  Prof. Dr. Awaloedin Djamin, MPA. “Untuk memahami polisi, mau tidak mau, suka tidak suka, kita harus memahami sejarah POLRI terlebih dahulu. Ini yang mendasari kegusaran dan kegelisahan beliau (Prof. Dr. Awaloedin Djamin, MPA) mengenai minimnya lteratur tentang sejarah POLRI.

Prof. Dr. Taufik Abdullah pada kesempatanya menyatakan “melihat judul buku ini, saya lihat ini bukan merupakan judul yang diberikan oleh POLRI, tetapi judul yang biasa digunakan oleh orang (ahli) sejarah, buku ini menceritakan sejarah Kepolisian dan Periodisasi yang digunakan sesuai dengan struktur politik”, Ungkapnya.

Pada sesi selanjutnya, Prof. (Ris) Hermawan Sulistyo, MA, Ph.D, APU memuji buku ini, menurutnya buku ini merupakan buku sejarah POLRI yang paling lengkap. “Saya menulis beberapa buku dengan tema yang sama, saya senang karena buku ini merupakan buku sejarah POLRI yang paling lengkap, namun sayangnya, buku ini naratif dan kurang analitik” ungkapnya. Sesi terakhir, Brigadir Jenderal Polisi Drs. Istu Hari Winarto, SH, M.M yang merupakan Ka. Pusat Sejarah POLRI memberikan usulan mengenai penambahan judul dan catatan terkait buku ini.

Dalam kegiatan ini, dibagikan buku “Polri dalam dinamika sejarah “ kepada 23 perwakilan peserta Bedah Buku dan keluarga Almarhum Jenderal Polisi (Purn) Prof. Dr. Awaloedin Djamin, MPA dan juga kepada seluruh peserta Bedah buku,  dengan harapan pemahaman terhadap Sejarah Polri dapat menjadikan Polri kearah yang lebih baik.

Tim Media Ubhara Jaya