Ubhara Jaya-Universitas Bhayangkara Jakarta Raya (Ubhara Jaya) secara resmi menerima mahasiswa baru yang lulus melalui jalur seleksi PMB 2019,  proses penerimaan jenjang Pendidikan Sarjana dan Magister di Ubhara Jaya melalui jalur seleksi masuk yang mencakup beberapa tes akademik. Pada acara Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Ubhara Jaya 2019. PKKMB adalah program kegiatan pengenalan kehidupan kampus kepada mahasiswa baru yang bersifat wajib diikuti mahasiswa baru selama 5 hari dengan memberikan edukatif sebagai sarana pembinaan dan adaptasi lingkungan pendidikan tinggi yang menitikberatkan pada pengembangan potensial diri dan memperkenalkan identitas “keamanan” sebagai corak Ubhara Jaya.

PKKMB Ubhara Jaya dihelat dalam rangkaian acara dengan tema “Pengenalan Kehidupan Kampus, Membentuk Pribadi Mahasiwa yang Kreatif, Disiplin dan Berbudi Pekerti Luhur,”  mulai dari Senin (19/8/2019) hingga Jumat (23/8/2019) di area Kampus II Bekasi.

Padah hari pertama, Senin (19/8/2019) mahasiwa baru telah lebih dulu melakukan tes narkoba, bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN). Dilanjutkan pada hari kedua, Selasa (20/8/2019),  dengan tes Bahasa Inggris, hasil kerjasama antara Ubhara Jaya dengan Lembaga Bahasa LIA.

Pada hari ketiga PKKMB, Rabu (21/8/2019), PKKMB di Ubhara Jaya diisi berbagai kegiatan positif untuk memperkenalkan kegiatan akademik maupun non-akademik agar mahasiswa baru dapat memiliki gambaran awal mengenai keseharian aktivitas di kampus. Acara dimulai dengan upacara pembukaan PKKMB Tahun Akademik 2019/2020 dan dibuka oleh sambutan dari Rektor sekaligus melantik lebih dari 2548 mahasiswa baru Ubhara Jaya yang ditandai dengan penyematan Jas Almamater kepada Perwakilan Mahasiswa baru setiap fakultas di Ubhara Jaya. Rangkaian acara lainnya adalah pembacaan sumpah Mahasiswa Baru Ubhara Jaya, dilanjutkan dengan pemaparan materi dari narasumber pilihan.

Dalam sambutannya, Rektor Ubhara Jaya Inspektur Jenderal Polisi (Purn) Dr. Drs. Bambang Karsono, SH.MM, mengatakan, penyelenggaraan kegiatan selama PKKMB ini diharapkan menjadi modal mahasiswa baru untuk bisa berinovasi, berprestasi dan sukses dalam menempuh perjalanan perkuliahan. Namun demikian, untuk lebih mempersiapkan diri dalam menghadapi era digital 4.0, Rektor berpesan kepada mahasiswa  untuk lebih kreatif dan inovatif ke depannya.

Acara dilanjutkan dengan paparan terkait bidang Akademik dan Non Akademik.  oleh Wakil Rektor I  Prof.Dr. Tri Widyastuti,SE.Ak.MM, Ceramah Anti Radikalisme dan Toleransi oleh K.H. Dr. Akhmad Sodiq,M.A, Ceramah Kesadaran Bela Negara dan Pancasila Brigjen.Pol (P) Dr. Taufiq Efendi, MBA, Ceramah Pencegahan dan Penanggulangan Penyalahgunaan Narkoba oleh  BNN Diani Indramaya, S.Pd. M.Si, Ceramah Intoleransi, Radikalisme dan Terorisme oleh Irjen Pol (P) Drs, Ansyaad Mbai dan Paparan Ka Puskamnas Prof. Hermawan Sulistyo,MA.PhD.APU.

Sementara itu, paparan terkait bidang non Akademik disampaikan Wakil Rektor II Brigjen.Pol (P) Dr.Markum,M.Pd. Warek II berbicara tentang aspek sarana-prasarana, keuangan dan SDM yang ada dan berlaku di lingkungan Ubhara Jaya. Paparan berikutnya adalah bidang Kemahasiwaan oleh  Wakil Rektor III Brigjen Polisi (P) Dr.H.Syahrir Kuba, S.Sos, SIK, MM, MH), dan paparan bidang kerja sama oleh  Wakil Rektor IV Dr. Diah ayu permatasari, ST. S.IP, M.IR.

Pada hari keempat, Kamis (22/8/2019), kegiatan  pengenalan kampus dilaksanakan pada tingkat fakultas. Bertindak sebagai pemateri adalah para pejabat struktural dan dosen tiap-tiap fakultas. Adapula sharing alumni dan penampilan berbagai himpunan/klub mahasiswa. Sebelum ditutup, Mahasiswa baru diajak bermain English game untuk mengasah kemampuan berbahasa inggris mereka yang semakin menambahkan semangat untuk memulai perkuliahan di Ubhara Jaya.

Setelah rangkaian acara PKKMB di Fakultas berakhir, pada hari terakhir, Jumat (23/8/2019),  Mahasiswa Baru kembali mengikuti kegiatan di Universitas untuk mendapatkan materi seputar  Unit kegiatan Mahasiswa (UKM) serta pemanfaatan IT di lingkungan Kampus. Rangkaian kegiatan diakhiri dengan Upacara Penutupan PKKMB Tahun Akademik 2019/2020 yang ditutup secara resmi oleh Rektor. Sebagai penutup , Rektor memberikan ucapan selamat kepada seluruh Mahasiswa Baru atas berhasil diselesaikannya kegiatan pengenalan kampus dan mengucapkan Selamat Datang di keluarga besar Ubhara Jaya.

Tim Ubhara Jaya