Ubhara Jaya – Fakultas Ekonomi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya (Ubhara Jaya) menyelenggarakan Seminar Nasional dengan tema “Creating Excellent Student Guna Meningkatkan Efektifitas Kinerja Perguruan Tinggi” di Auditorium Grha Tanoto Kampus II Bekasi, Kamis (5/9/2019). Seminar dihelat dengan menghadirkan pembicara  Prof. Dr. Ir. Ngadino Surip Diposumarto, Rektor Universitas Mercu Buana, Ms serta Dr. Cris Kuntadi, SE, MM, CA, CPA, QIA, FCMA, CGMA, CIPSAS, CFRA, ACPA,  Staf Ahli Menteri Perhubungan. Selain dihadiri pejabat, dosen dan mahasiswa di lingkungan Ubhara Jaya, Seminar mengundang dosen dan mahasiswa dari lebih 21 (dua puluh satu ) Kampus negeri dan swasta yang ada di  wilayah Jabodetabek,

Acara dibuka oleh Dekan Fakultas Ekonomi Dr. Istianingsih Sastrodihardjo, M.S.Ak.,CA.,CSRA.,CMA.,CACP. Seminar Nasional ini digagas oleh Fakultas Ekonomi Ubhara Jaya demi menciptakan suasana akademik yang kondusif di lingkungan kampus dalam rangka meningkatkan akreditasi dan reputasi kampus. “Iklim akademis yang kondusif akan mampu menguatkan sinergitas antar pelaku pembelajar di kampus khususnya dosen dan mahasiswa, “kata Inspektur Jenderal Polisi (Purn) Dr. Drs. Bambang Karsono, SH. MM, Rektor Ubhara Jaya dalam sambutannya.

Lebih lanjut, Rektor menyatakan, dosen dan mahasiswa adalah ujung tombak keberhasilan proses pendidikan di pendidikan tinggi. Maka dari itu, Ubhara Jaya senantiasa berupaya menjaga kesehatan institusi dengan berupaya meningkatkan kompetensi dosen sesuai bidang keahliannya, agar senantiasa melaksanakan tugas pokoknya dengan konsisten dan persisten.

Sambutan kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Universitas Mercu Buana dengan Ubhara Jaya sekaligus Memorandum of Agreement (MoA) antara Fakultas Ekonomi Ubhara Jaya dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis serta Program Pascasarjana Universitas Mercu Buana. Melalui pola kerjasama yang saling mendukung ini diharapkan memberi manfaat positif bagi kedua belah pihak dalam meningkatkan misi Perguruan Tinggi untuk Bersama-sama memajukan dunia Pendidikan Tinggi guna menunjang penciptaan SDM Indonesia yang bermutu dan Unggul.

Pembicara pertama, Rektor Universitas Mercu Buana Prof. Dr.Ir. Ngadino Surip, MS membagi pengalaman kampusnya dalam mencapai kampus unggulan. Tidak bisa disangkal, dosen adalah bagian terpenting dari peningkatan universitas. “Sebab itu, tak ada lagi alasan sebagai dosen yang tidak bisa melakukan publikasi jurnal scopus. Dosen harus punya motivasi dan target yang tinggi dalam menjalankan Tridharma perguruan tinggi,” pungkasnya.

Sementara itu, Staf Ahli Menteri Perhubungan Dr. Cris Kuntadi, SE, MM, CA, CPA, QIA, FCMA, CGMA, CIPSAS, CFRA, ACPA memaparkan bahwasanya arus globalisasi terus menerjang universitas. Agar bisa bertahan, universitas dituntut menjadi wadah pendidikan yang unggul di tengah ketatnya kompetisi global. Untuk unggul menurutnya dibutuhkan peran mahasiswa yang berjiwa Excellent. Jika  jiwa itu telah tertanam dalam diri tiap mahasiswa, maka  kampus yang unggul dengan lulusan  yang bermental pemimpin dan kompetitif akan mudah tercipta.

Ia menambahkan, “Menjadi mahasiswa excellent yang bermental pemimpin ada dua hal yang harus dipenuhi, yakni kemampuan hardskill  dan juga softskill. Keduanya saling membutuhkan dan mendukung satu sama lain.”

Tim Media Ubhara Jaya