Ubharajaya-Kembali, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya (Ubhara Jaya) berhasil catatkan namanya di Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Kali ini atas prestasinya sebagai kampus yang mengikutkan peserta  uji kompetensi dan sertifikasi terbanyak se Indonesia yakni 1342 Mahasiswa. Piagam Pengahargaan langsung diserahkan oleh pihak MURI kepada Ubhara Jaya bersamaan dengan penyelenggaraan seminar nasional yang bertema “Urgensi Sertifikasi Nasional”pada Jumat (13/3/2020) di Auditorium Ubhara Jaya Kampus II Bekasi.

Rektor Universitas Bhayangkara Jakarta Raya (Ubhara Jaya), Irjen Pol (Purn) Dr. Drs. Bambang Karsono, SH., MM menyampaikan rasa syukur atas pencapaian Ubhara Jaya, Lembaga Pelaksana Sertifikasi Profesi (LSP)  Ubhara Jaya yang meskipun secara usia masih baru namun sudah terbilang produktif dan konsisten dalam melaksanakan uji kompetensi mahasiswa. Sebelum akhirnya mengadakan uji kompetensi, Lembaga Pelaksana Sertifikasi Profesi (LSP)  Ubhara Jaya sudah memperoleh Lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) sehingga dapat dijamin profesionalitasnya. Saat ini ada 10 Skema Sertifikasi yang dimiliki yakni; Ahli Fluida Pengeboran Migas dan Panas Bumi, Ahli K3 Madya, Ahli K3 Muda, Humas Junior, Manajer Sumber Daya Manusia, Network Administrator Madya, Pemprogaman Berbasis Data, Petugas Penanganan Bahaya Gas H2S, Teknisi Akutansi Ahli dan Tenaga Pemasar Operasional Pemasaran. Saat ini sedang dalam proses penambahan 19 (Sembilan belas) skema baru.

Menurut Rektor, pelaksanaan uji kompetensi ini penting untuk dipahami sebagai salah satu alat untuk mengukur sejauh mana pencapaian kompetensi mahasiswa yang akan menyelesaikan pendidikannya. Peran positif lain adalah memfasilitasi mahasiswa untuk mendapatkan sertifikat profesi sebagai wujud nyata Link and Match dengan dunia industri, dunia usaha dan masyarakat, sehingga dapat memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang kompeten bersertifikasi yang muaranya adalah meningkatnya keterserapan tenaga kerja.

Dengan tujuan  Ubhara Jaya menggelar Seminar  Nasional “Urgensi Sertifikat Nasional” agar para peserta dapat memahami perlunya Sertifikasi Profesi sebagai nilai tambah dan pengakuan atas kehaliann yang dimilikinya. Seminar mendatangkan narasumber  Ketua Dewan Pengarah LSPP-3 MSDM KI, Dosen dan Praktisi Industri  Drs. Marwito, M.Si dan Ketua LSP Ubhara Jaya Sugiyanto, Ph.D.

Terkait dengan Rekor MURI, Ini merupakan rekor ke tiga yang telah di peroleh oleh Ubhara Jaya. tentunya bukan untuk mendapatkan pengakuan semata.  Melainkan pula sebagai langkah taktis kampus dalam mewujudkan Ubhara Jaya sebagai universitas unggulan di tingkat nasional ataupun internasional. “Selain bentuk peran kita dalam memenuhi tanggung jawab memajukan pendidikan”imbuh Rektor.

Melalui pencatatan Rekor Muri ini, Rektor berharap ke depannya LSP Ubhara Jaya kian berperan aktif dalam mendukung pendidikan di Indonesia dan memberi manfaat sebesar-besarnya bagi bangsa dan Negara.

Tim Media Ubhara Jaya