Ubhara Jaya– Pandemi Covid-19 tidak menyurutkan inisiatif Universitas Bhayangkara Jakarta dan Universitas jenderal Achmad Yani (Unjani) untuk menjalin kerjasama. Pada Rabu, 29 Juli 2020, melalui sebuah pertemuan dengan tetap mematuhi protokol pencegahan pandemi Covid-19. Kedua universitas kemudian menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dan Perjanjian Kerja sama (MOA) dalam rangka menjalin kerjasama Tri Dharma Perguruan Tinggi di Auditorium Kampus Ubhara Jaya, Kampus II Bekasi.

Penandatanganan dilakukan Rektor Ubhara Jaya, Inspektur Jenderal Polisi (Purn) Dr. Drs. Bambang Karsono, SH. MM dan Rektor Unjani Prof. Hikmahanto Juwana, S.H., LL.M., Ph.D . Momen seremonial turut  disaksikan oleh para Wakil Rektor, Dekan, dan Kepala Lembaga terkait.

Inspektur Jenderal Polisi (Purn) Dr. Drs. Bambang Karsono, SH. MM dalam sambutannya menyampaikan  prospek kerjasama antara Ubhara Jaya dan Unjani, utamanya dalam peningkatan kualitas dosen. Menurut Rektor, Ubhara Jaya menaruh perhatian besar atas pengembangan dosen -yang merupakan salah satu komponen penting manajemen pengetahuan seperti kampus. Salah satu upaya yang telah dan akan terus dilakukan adalah dengan melakukan pengembangan wawasan seluas-luasnya, antara lainkerjasama dengan Perguruan Tinggi Dalam Negeri (PTDN) maupun Perguruan Tinggi Luar Negeri (PTLN), seperti dengan Houston, Korea, Thailand, dan Filipina. Maka itu, Rektormenyerukan pentingnya sinergi untuk kemajuan universitas masing-masing dan membangun kualitas dosen yang lebih berkualitas lagi.

Ubhara Jaya, lanjut Rektor, menyusun berbagai kebijakan baru yang mendorong para anggota Polri dan TNI untuk mengembangkan kualitas pemikiran dan pendidikan di Ubhara Jaya. Salah satunya melalui pemotongan dan keringanan biaya pendidikan dengan jumlah tertentu. “Namundemikian, tidak ada perlakuan khusus dengan mahasiswa lain pada umumnya,“kata rektor.

Dalam sambutan, Rektor Unjani Prof. Hikmahanto Juwana, S.H., LL.M., Ph.D memberikan apresiasi kepada Ubhara Jaya karena telah memiliki Riwayat Panjang dan baik dalam upayanya mendidik para bintara Polri. Menyambut inisiatif Ubhara Jaya, Rektor Unjani bersepakat untuk sama-sama mengembangkan kualitas pendidikan diantaranya kualitas dosen, salah satunya kegiatan pertukaran dosen untuk saling berbagi perspektif baik itu kepada mahasiswa umum maupun mahasiswa prajurit TNI-AD. Dengan mengambil isu-isu khusus seperti pemberantasan narkoba, masalah forensik, dan isu-isu lain yang berkaitan dengan masalah psikologi. Namundemikian, prospek kerjasama tidak terbatas pada kegiatan itu saja. Ubhara Jaya dan Unjani sepakat akan menjajaki hal lain termasuk di bidang Psikologi. Terdapat harapan dan semangat agar kerjasama ini dapat menciptakan manfaat bagi kedua belah pihak.