Ubhara Jaya-Empat Perguruan Tinggi Nasional, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya (Ubhara Jaya), Universitas Ahmad Yani (Unjani), Universitas Hang Tuah Surabaya,dan Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma bersepakat untuk  melakukan kerja sama dalam rangka memperkuat Tri dharma Perguruan Tinggi dan membentuk kolaborasi  antar perguruan tinggi yang sama-sama berada di bawah Yayasan Keluarga Besar TNI/Polri. Empat kampus tersebut mewakili ragam wajah kesatuan TNI/Polri; Ubhara Jaya dengan Polri, Unjani (TNI AD), Universitas Hang Tuah Surabaya (TNI AL), terakhir Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma (TNI AU).

Hal demikian terungkap dalam acara Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) yang diikuti dengan penandatanganan Nota Kesepakatan (Memorandum of Agreement/MoA) Fakultas Hukum Ubhara Jaya  dengan Fakultas Ilmu Sosial Politik Unjani, Fakultas Hukum Universitas Hang Tuah Surabaya, dan Fakultas Hukum Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma, Rabu (26/8/2020) di Auditorium Ubhara Jaya, Kampus II Bekasi.

Ubhara Jaya dengan Unjani sebelumnya sudah terjalin kerja sama pada tanggal 29 Juli 2020, Namun dengan diprakarsasi oleh Ubhara Jaya dan Unjani, kerja sama apik tersebut kemudian diteruskan dalam bentuk kerja sama multi kampus dengan menggandeng dua kampus lain yakni Universitas Hang Tua Surabaya dan Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma.

Acara penandatanganan dihadiri oleh masing-masing Rektor, yaitu Rektor Universitas Bhayangkara Jakarta Raya: Inspektur Jenderal Polisi (PURN) Dr. Drs. Bambang Karsono, S.H., M.M, Rektor Universitas Jenderal Achmad Yani Bandung: Prof. Hikmahanto Juwana, SH., LLM., Ph.D, Rektor Universitas Hang Tuah Surabaya: Laksamada Muda TNI (PURN) Dr. Ir. Sudirman, S.IP., S.E., M.AP., M.H., dan Rektor Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma Jakarta: Marsekal Muda TNI (PURN) Dr. Polter Gultom, S.H., M.M.

Rektor Ubhara Jaya, Inspektur Jenderal Polisi (PURN) Dr. Drs. Bambang Karsono, S.H., M.M.,  dalam sambutannya mengatakan, pertemuan kerja sama empat kampus nasional tersebut digagas guna mencapai banyak tujuan dan manfaat yang baik, yakni meningkatkan prestasi, menguatkan kelembagaan, juga memperkuat integrasi dan koordinasi antar lembaga. Tentu, kesemuanya demi menyongsong masa depan yang lebih baik lagi, demikian sambutan Rektor.

Lebih lanjut, Rektor mengatakan, “Hubungan yang resmi dalam bentuk kerja sama seperti ini, bukanlah akhir. Kita akan mengisi Kerja sama dengan Tridarma sehingga terjadi penguatan kualitas. Tapi yang paling berarti adalah bermakna untuk sesama.”

Rektor Unjani Prof. Hikmahanto Juwana, SH., LLM., mengamini pernyataan Rektor Ubhara Jaya tersebut. Pertalian antara empat kampus tersebut diyakininya mampu memperkuat posisi tawar masing-masing, entah dalam kancah kompetisi perguruan tinggi secara global maupun saat berhadapan dengan pemangku kebijakan. “Ke depan, akan ada banyak hal dan kegiatan yang akan dilakukan setelah Badan Kerja Sama Perguruan Tinggi TNI-Polri ini terbentuk.”ujarnya. Harapannya, badan yang lahir dari “perkawanan” empat kampus ini mampu membawa perkembangan baik bagi anggotanya, makin apik jalinan kerja sama antar-nya, sehingga kuat juga kelembagaan dan posisi tawar kampus, seperti yang dicita-citakan oleh Rektor Ubhara Jaya.

Rektor Universitas Hang Tuah: Laksamada Muda TNI (PURN) Dr. Ir. Sudirman, S.IP., S.E., M.AP., M.H., dan Rektor Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma Jakarta: Marsekal Muda TNI (PURN) Dr. Polter Gultom, S.H., M.M  menambahkan kerja sama empat perguruan tinggi yang menurutnya mewakili kesatuan Polisi, TNI Angkatan Udara, Angkatan Laut dan Angkatan Darat ini memiliki modal dan dasar yang baik dan unik. “Kita punya nilai dan jiwa kebangsaan yang tinggi. Hal ini menjadi karakter yang baik untuk diterapkan dan dikembangkan dalam instusi kita masing-masing.” Selanjutnya, keempat Perguruan Tinggi menyusun program kerja sama yang lebih konkrit dan mengarah pada kemajuan dan manfaat Bersama.

Tim Media Ubhara Jaya