Ubhara Jaya—Jika hadirnya pandemi covid-19 mampu memperlambat bahkan sampai menghentikan roda kehidupan banyak orang dan industri maka tidak demikian dengan kasus penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba, Sekalipun diancam dengan berbagai hukum hingga hukuman mati, kasusnya masih terus meningkat di Indonesia. Turut ambil bagian dalam pelaksanaan program pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba, lebih dari 5923 sivitas akademika  Ubhara Jaya  mendeklarasikan perang terhadap narkoba yang dilaksanakan secara luring dan daring, pada Jumat (04/08/2020) di auditorium Ubhara Jaya Grha Tanoto Kampus II Bekasi dengan memberlakukan standar protokoler pencegahan covid -19 secara ketat. Di lokasi luring, hanya sekitar 200 peserta yang hadir sementara peserta ribuan lainnya mengikuti secara daring.

Deklarasi ini mendapat penghargaan dari Museum Rekor  Dunia Indonesia (MURI) sebagai perguruan tinggi dengan deklarasi anti narkoba secara daring oleh sivitas akademika terbanyak di Indonesia.  Penyerahan piagam rekor MURI dilakukan oleh senior manajer MURI kepada Rektor Ubhara Jaya sedangkan pendiri MURI, Jaya Suprana memberikan ucapan selamat secara daring. Para peserta, baik di luring maupun daring tampak antusias mengikuti kegiatan deklarasi anti narkoba tersebut. Pembacaan deklarasi dipimpin oleh Rektor Ubhara Jaya, Inspektur Jenderal polisi (purn) Dr. Drs. Bambang Karsono, S.H., M.M, para Warek dan Dekan Ubhara Jaya dan sejumlah perwakilan dari sivitas akademika Ubhara Jaya. Pada acara deklarasi secara luring, nampak para pejabat dan pegiat anti narkoba yang datang Yaitu Jenderal Polisi (Purn) Dr. Drs. Chaeruddin Ismail, S.H., M.H, Ketua Pembina Yayasan Brata Bhakti berikut  Perwakilan Pengurus, Komjen Pol (Purn) Drs. Ahwil Lutan, S.H., MBA., M.M penerima Medali  Kepeloporan Oleh Presiden RI, Komjen Pol (Purn) Drs. Togar M. Sianipar, M.Si, Dewan Penasehat DPP Granat, Irjen Pol (Purn) Dr. Benny Josua Mamoto, S.H., M.Si selaku Ketua Harian Kompolnas, Irjen Pol (Purn) Drs. Erwin Lumban Tobing Anggota Komisi III DPR RI, Laksda (Purn) Ir. Agus Kowo Budi Utomo Tenaga Ahli Kepala BIN, Kepala BNN Yang Diwakili Oleh Kasubdit BNN, Kombes Pol Deni Dharma Pala, Serta Sejumlah Rektor Ubhara Jaya Pada Masanya Yakni Irjen Pol (Purn) Dr.Bibit Samad Rianto,M.M, Irjen Pol (Purn), Dan Irjen Pol (Purn) Dr.H.Moch Djatmiko, S.H.,M.Si.

Sambutan Rektor Ubhara Jaya menyebutkan alasan diselenggarakannya Deklarasi anti narkoba sivitas akademika dari keluarga besar Ubhara Jaya ini adalah “Ubhara Jaya bersungguh sungguh dalam mendukung pemerintah untuk mewujudkan Indonesia bebas narkoba. Sebelumnya telah dilakukan pembentukan cabang khusus gerakan anti narkoba di wilayah kampus. Sudah empat tahun, seleksi penerimaan mahasiswa baru menyertakan tes narkoba.” Saat ini dua ribuan lebih mahasiswa baru Ubhara Jaya juga mengikuti tes bebas narkoba bekerja sama dengan BNN mudah-mudahan cita-cita kita dalam meraih kampus bebas narkoba terwujud dan diridhoi oleh Allah SWT,” kata Rektor.

Niat baik kampus mendapat tanggapan positif dari Ketua Pembina Yayasan Brata Bhakti, Jenderal Polisi (Purn) Dr.Drs. Chaerudin Ismail, S.H.,M.H Dan tamu undangan. deklarasi anti narkoba yang meraih pengakuan nasional  ini menurutnya tidak hanya akan berguna untuk kampus tapi untuk bangsa. “Upaya yang dilakukan Ubhara Jaya sudah banyak dan baik, mudah-mudahan memberikan manfaat yang besar,”ucapnya.

Sebelum acara deklarasi dimulai, telah dilakukan pengumpulan video berisikan deklarasi anti narkoba dari sivitas akademika Ubhara Jaya yang kemudian  terkumpul sebanyak lebih dari 5923 video. Para peserta dalam ikrarnya menyatakan diri masing-masing untuk anti dan melawan segala jenis narkoba. Mendukung program pencegahan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba, terakhir meraih prestasi dan sukses tanpa narkoba. Ikrar kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan bersama lagu bagimu negeri.

Penghargaan MURI dari deklarasi anti narkoba sivitas akademika terbanyak ini menjadi Rekor MURI ke empat bagi Ubhara Jaya. Semoga perolehan yang membanggakan ini semakin menambah semangat Ubhara Jaya dalam akselerasi menuju perguruan tinggi yang unggul di tengah kehidupan yang tengah sulit akibat covid-i9.

Tim media Ubhara Jaya