BEKASI – Sebagai wujud pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi para dosen, Fakultas Ilmu Komputer Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, menggelar Pelatihan Mentimeter kepada para guru di SMAN 14 Bekasi, Jawa Barat. Pelatihan ini dilakukan secara daring dengan menggunakan aplikasi zoom dan diikuti oleh 83 orang guru. (Kamis, 10/12/2020).

Ketua pelaksana pengabdian masyarakat ini yang juga menjabat sebagai Dekan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, Herlawati, S.Si.,M.M., M.Kom, mengatakan, “Situasi Pandemi saat ini menjadikan kegiatan pengabdian masyarakat yang biasanya dilakukan secara tatap muka harus dilakukan via zoom, Namun antusiasme peserta dari kalangan guru-guru di sekolah ini sangat luar biasa,“ jelas Herlawati.

Lebih jauh, ia menjelaskan, terdapat 3 (tiga) materi yang disampaikan dalam kegiatan pelatihan daring ini, yakni:

  1. Materi Pengenalan Mentimeter dengan narasumber Herlawati, sekaligus sebagai ketua pelaksana dan Dekan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, 2) Materi Penggunaan Mentimeter dalam Pembuatan Media Pembelajaran dengan narasumber Fata Nidaul Khasanah,S.Kom., M.Eng. sebagai Dosen Tetap Fakultas Ilmu Komputer Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, dan 3) Materi Cara Menyisipkan Mentimeter ke Power Point dengan narasumber Rafika Sari, S.Si., M.Si. Dosen Tetap Fakultas Ilmu Komputer Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

Wakil kepala sekolah SMAN 14 Bekasi, Dr. Harti Supriatin, S.Pd., M.Pd mengaku sangat gembira dengan pelatihan mentimeter tersebut, karena dalam proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang berlangsung saat  ini, keberadaan penggunaan mentimeter akan memudahkan tenaga pengajar dalam menyusun presentasi yang lebih interaktif untuk para siswa dan dapat menyajikan data-data polling, grafis dan juga kuis untuk mengukur efrektifitas proses pembelajaran yanhg dilakukan.

“Meski dilakukan secara daring para peserta merasa antusias dengan kegiatan pelatihan ini dan untuk materi yang dipaparkan sangat bermanfaat dan berguna sekali dalam situasi saat pandemi, yang meniadakan pertemuan tatap muka langsung di kelas, untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 di lingkungan pendidikan. Antusiasme para pengajar ini juga bisa langsung terlihat dan terukur dari survey yang dilakukan setelah kegiatan dilaksanakan,” ucapnya.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat yang dilakukan Tim Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, menjadi bagian dari hibah internal pengabdian kepada masyarakat yang diselenggarakan oleh LPPMP Universitas Bhayangkara Jakarta Raya Tahun 2020.

Tim Media Ubhara Jaya