Bekasi –Pembaruan dan perluasan jalinan kerja sama antara Universitas Bhayangkara Jakarta Raya  (Ubhara Jaya) dan University of Mindanao , Filipina dilakukan dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding) secara simbolis antara Rektor Ubhara Jaya, Inspektur Jenderal Polisi (Purn) Dr. Drs, Bambang Karsono, SH., MM., dan Presiden University of Mindanao, Dr. Guillermo Torres, Jr. Proses penandatanganan dihadiri delegasi kedua universitas berlangsung secara virtual dari dua kota, yakni Davao, Filipina, dan Bekasi, Indonesia, Rabu pagi (20/01/2021) dengan tema: “Renewal and Expansion of Bilateral Cooperation and Mutual Recognition Initiatives, University of Mindanao and Bhayangkara Jakarta Raya University.

Kerja sama antar kedua perguruan tinggi ini sudah diinisiasi sejak tahun 2015 lalu, ditandai dengan Program Fellowship yang dilakukan selama periode 2016-2019 dengan saling bertukar dosen di bidang Peradilan Kriminal dan Penegakan Hukum (Criminal Justice and Law Enforcement) dari Ubhara Jaya ke University of Mindanao dan sebaliknya.  Pada tahun 2017, Presiden University of Mindanao, Dr. Guillermo Torres, Jr hadir pada Dies Natalis ke-22 dan Wisuda Program sarjana ke-18 dan Magister ke 16 Universitas Bhayangkara Jakarta Raya di Auditorium  Grha Tanoto. Situasi pandemi global wabah Covid-19 saat ini berimbas pada keberlanjutan program pertukaran fellowship, dengan upaya perwujudan program kerja. Seiringnya dengan  MOU yang  berakhir pada tahun ini maka pembaharuan kerja  sama menjadi titik tolak yang baik di tahun 2021 demi perluasan dan mempererat  kerja  sama dua institusi pendidikan antar negara tetangga tersebut.

Pembaruan kerja sama, untuk periode 5 tahun ke depan (2021-2026), akan memperluas jalinan kerja sama tidak hanya di bidang akademik namun kerja sama internasional yang saling membawa manfaat, yaitu  Pertukaran Staff/Dosen Fakultas (Program Visiting Fellow),  Pertukaran Mahasiswa (jangka Pendek dan jangka panjang), Penyelenggaraan Konferensi Internasional, Publikasi dan Penelitian Internasional, Penyusunan Kurikulum Bersama. Dua hal lainnya adalah berbagi pengalaman dalam berbagai bidang kesepakatan kerja sama dan Implementasi Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka.

Penandatanganan nota kesepahaman ini diawali dengan sambutan yang disampaikan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Perencanaan, Universitas Mindanao, Dr. Ronnie V. Amorado, yang memperkenalkan anggota delegasi yang berasal dari berbagai fakultas yang ada di Universitas Mindanao.

“Perjanjian Kerja sama diantara kedua perguruan tinggi yang diperbaharui pada hari ini, kami memberi perhatian penting pada perluasan jalinan kerja sama tidak hanya di bidang akademik tapi juga dalam berbagai jalinan kerja sama internasional yang saling menguntungkan,” ucap Dr. Ronnie. Sementara itu, delegasi Ubhara Jaya, diperkenalkan secara virtual oleh Wakil Rektor Bidang Kerja sama dan Pengembangan Teknologi Informasi, Dr. Diah Ayu Permatasari, ST, S.IP, M.IR.

Dalam sambutannya, Presiden Universitas Mindanao, Dr. Guillermo Torres, Jr mengatakan, ”Hal yang membuat pembaruan penandatanganan kerja sama ini menarik adalah, karena adanya perluasan kerja sama pada bidang-bidang yang relevan dengan sektor pendidikan, seperti bahasa dan budaya, komunikasi, bisnis dan pariwisata. Sementara itu kerja sama awal di bidang Program Peradilan Kriminal dan Penegakan Hukum akan tetap dilanjutkan dengan pertukaran dosen, mahasiswa, penelitian dan publikasi bersama, serta penyelenggaraan konferensi internasional. Meskipun nantinya kerja sama akan berlangsung secara daring dengan menggunakan teknologi, namun saya berharap kita semua dapat segera bertatap muka segera setelah pandemi Covid-19 ini berakhir,” ucap Dr Guillermo Torres, Jr.

Rektor Ubhara Jaya, Inspektur Jenderal Polisi (Purn) Dr. Drs, Bambang Karsono, SH., MM., berharap perluasan kerja sama yang diajukan Ubhara Jaya dapat diimplementasikan oleh kedua perguruan tinggi dalam waktu dekat.

“Saat ini kita melalui situasi yang sulit yang telah berdampak pada seluruh aspek kehidupan masyarakat, tak terkecuali sektor pendidikan. Saya berharap jalinan kerja sama ini akan terus meningkat kualitasnya dan tidak hanya menguntungkan bagi kedua perguruan tinggi, tapi juga bagi kerja sama bilateral kedua negara antara Indonesia dan Filipina. Perluasan bidang kerja sama ini sangat konkret dan semoga akan segera terwujud dalam waktu dekat,” ucap Rektor Ubhara Jaya.

Penandatanganan MoU ini disaksikan perwakilan kedua universitas, yakni Wakil Rektor Bidang Akademik Ubhara Jaya , Prof. Tatang Ary Gumanty, M. Bus. Acc., Ph.D, Wakil Presiden Bidang Akademik, Universitas Mindanao, Dr. Ronnie V. Amorado, Wakil Rektor Bidang Kerja sama Internasional dan Pengembangan Teknologi Informasi,Dr. Diah Ayu Permatasari, ST, S.IP, M.IR dan Wakil Presiden Bidang Kerjasama Internasional Universitas Mindanao, Dr. Reynaldo C. Castro, para Wakil Rektor lain dan Dekan dari kedua belah pihak.

Tim Media dan Publikasi

Universitas Bhayangkara Jakarta Raya