Bekasi – Universitas Bhayangkara Jakarta Raya (Ubhara Jaya) dan Universitas Satya Negara Indonesia (USNI) sepakati kerja sama lebih erat antara kedua perguruan tinggi melalui penandatanganan Memorandum of Agreement – MoA antara Dekan Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) Ubhara Jaya dan Dekan Fakultas Teknik (FT) Universitas Satya Negara Indonesia yang berlangsung di Auditorium Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, Selasa Pagi (02/03/2021). Penandatanganan kerja sama ini menjadi MoA ke-4 yang ditandatangani kedua perguruan tinggi dalam rangka menjalankan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), dan disaksikan kedua pimpinan perguruan tinggi, Rektor Ubhara Jaya, Irjen. Pol. (Purn) Dr. Drs. Bambang Karsono, SH., MM dan Rektor USNI Dra. Merry L. Panjaitan, MM., MBA.

Sebelumnya, penandatanganan nota kesepahaman kedua perguruan tinggi (Memorandum of Understanding – MOU) telah dilakukan pada 7 Februari 2019 lalu, ditindaklanjuti dengan kunjungan Tim Universitas Bhayangkara Jakarta Raya ke USNI serta kesepakatan kerja sama melalui 3 Memorandom of Agreement – MoA pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Teknik, dan Fakultas Ilmu Komunikasi Ubhara Jaya.

Dalam sambutannya, Rektor Universitas Satya Negara berharap adanya kesinambungan kerja sama yang telah dilakukan dengan Ubhara Jaya, “Terimakasih atas terwujudnya kerjasama ini. Sebelum ini sudah terlaksana Program Pertukaran Mahasiswa, dan hari ini kita meneruskan dan kita pertahankan apa yang sudah terjalin sebelumnya. Pandemi Covid-19 yang terjadi membuat kita semua berubah, namun semoga kita bisa saling berbagi informasi, pengetahuan dan menyesuaikan dengan perkembangan teknologi yang ada untuk kemajuan bersama,” ujar Rektor USNI.

Sementara, Rektor Ubhara Jaya Irjen. Pol. (Purn) Dr. Drs. Bambang Karsono, SH., MM menyampaikan, “Saat ini, kita diberikan Program dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, diantaranya Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka, dimana mahasiswa memiliki kebebasan untuk mengikuti perkuliahan di luar prodi asal dan luar kampus asalnya, yakni 5 semester di prodi asal dan 3 semester di luar prodi asal, dimana 2 semester diantaranya dilakukan di luar kampus dan 1 semester di dalam kampus dan di luar prodi. Kewajiban bagi perguruan tinggi untuk memfasilitasi mahasiswa dengan pilihan perkuliahan di luar program studinya, merumuskan mata kuliah dengan SKS yang sama, sehingga saat dikonversi dapat memenuhi jumlah SKS minimal yang disyaratkan bagi mahasiswa. Dengan menjalin berbagai kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi, kebijakan ini, dapat dilaksanakan dengan baik.

Rektor Ubhara Jaya menegaskan, bahwa selama ini Ubhara Jaya memegang 3 prinsip dalam menjalin sinergi dengan berbagai pihak yakni; saling menghormati, prinsip kesetaraan dan saling memberi manfaat luas bagi mahasiswa dan perguruan tinggi. “Masing-masing dari perguruan tinggi memiliki kelebihan dan kekurangan, untuk itu marilah kita saling mendukung dan saling mengisi dalam menjalankan kerja sama ini. Kita bekerjasama untuk meningkatkan kinerja dari setiap fakultas untuk akreditasi dan peringkat perguruan tinggi yang lebih baik. Semoga upaya kita dalam mencerdaskan kehidupan bangsa mendapatkan berkah dan ridho dari Allah SWT,” ucap Rektor Ubhara Jaya.

Dalam paparannya Wakil Rektor, Prof. Drs. Tatang Ary Gumanti, M.Buss.Acc., Ph.D mengungkap persiapan implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka, yang sudah berjalan di Ubhara antara lain dengan mengikuti Program Permata Sakti (Program Pertukaran Mahasiswa Tanah Air Nusantara Sistem Alih Kredit dengan Teknologi Informasi) dengan mengirimkan mahasiswa untuk belajar di berbagai perguruan tinggi dan menerima mahasiswa untuk kuliah di Ubhara Jaya. Selain itu program-program lainnya yang juga sudah berjalan yaitu, Program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL), Program Bangkit, Pertukaran Mahasiwa baik di dalam maupun luar negeri, dan Program Kampus Mengajar.

Acara lalu dilanjutkan dengan diskusi antar kedua tim perwakilan fakultas dan program studi yang sebagai bentuk penjajakan dan saling berbagi informasi untuk implementasi kerjasama antara Ubhara Jaya dan USNI dalam pelaksanaan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat.

Tim Media Ubhara Jaya