Bekasi, 27 Mei 2021 – Universitas Bhayangkara Jakarta Raya (Ubhara Jaya) menjadi tuan rumah penandatanganan Kontrak Hibah Pendanaan Program Kegiatan Mahasiswa 5 Bidang dan Program Kreativitas Gagasan Futuristik Konstruktif Tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah III DKI Jakarta. Acara penandatanganan kontrak hibah pendanaan ini dihadiri pimpinan atau penanggung jawab program dari 29 perguruan tinggi pada Kamis Pagi (27/05/2021) di Auditorium Ubhara Jaya.

Selain sebagai tuan rumah, Ubhara Jaya tercatat sebagai salah satu kampus yang memperoleh hibah pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa dengan perolehan hibah yang melibatkan 4 tim, dimana 2 tim berasal dari Fakultas Ilmu Pendidikan, sementara 2 tim lainnya berasal dari Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

Dalam sambutannya, Rektor Ubhara Jaya menyampaikan rasa terimakasihnya atas kepercayaan yang diberikan LLDIKTI Wilayah III DKI Jakarta kepada Ubhara Jaya sebagai tuan rumah penyelenggaraan acara yang memberi makna besar dalam pengembangan dunia pendidikan tinggi ini, “Selamat Datang di Kampus II Ubhara Jaya. Izinkan Segenap sivitas Akademika kami menghaturkan terimakasih. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan petunjuk, bimbingan, perlindungan memberkahi pengabdian kita dalam pembangunan bangsa dan negara Indonesia melalui pendidikan tinggi,” ucap Rektor Ubhara Jaya.

Sementara, Kepala LLDIKTI Wilayah III DKI Jakarta, Prof. Dr. Agus Setyo Budi, M.Sc dalam sambutan dan arahannya menyampaikan sejumlah hal penting terkait Program Kreativitas Mahasiswa, yang terdiri dari 5 bidang mulai dari penelitian, kewirausahaan, pengabdian masyarakat, teknologi dan karya cipta dan juga Program Kreativitas Mahasiswa Gagasan Futuristik Konstruktif. “Tujuan program ini adalah meningkatkan iklim akademik yang kreatif bagi mahasiswa,” lanjut Prof. Agus Setyo Budi, M.Sc.

Lebih jauh beliau berharap jumlah perguruan tinggi di lingkungan LLDIKTI Wilayah III DKI Jakarta yang menerima hibah program ini akan terus meningkat secara signifikan, dan membuat trend yang positif  baik dari sisi jumlah perguruan tinggi maupun proposal yang lolos pendanaan. “Pada tahun 2021 ini jumlah proposal yang lolos pendanaan mencapai 90 proposal dari 29 perguruan tinggi,” tambah Kepala LLDIKTI Wilayah III.

Secara seremoni, Penandatanganan Hibah Pendanaan diwakili oleh 3 Rektor Universitas yang melakukan penandatanganan kontrak hibah dengan Kepala LLDIKTI Wilayah III DKI Jakarta, yakni, Rektor Universitas Pertamina, Rektor Universitas Bhayangkara Jakarta Raya dan Rektor Universitas Satya Negara Indonesia. “Kordinasi Pendanaan Hibah ini kita buat seremoni, bertujuan untuk mempercepat implementasi kegiatan ini pada perguruan tinggi yang telah berpartisipasi,” jelas Prof.Dr. Agus Setyo Budi, M.Sc.

Program Kegiatan Mahasiswa secara teknis disampaikan oleh Sub Koordinator Penalaran, Kreativitas, Minat dan Bakat Kemahasiswaan, Direktorat Pembelajaran Kemahsiswaan (Direktorat Belmawa), Fajar Priyautama, S.Si, MIT. “Program ini adalah program unggulan karena menjadi ajang kompetisi akademik tertinggi yang ada di Direktorat Pembelajaran Kemahasiswaan,” ungkapnya di awal pemaparan.

Fajar menjelaskan bahwa desain program ini ditujukan untuk peningkatan mutu lulusan perguruan tinggi dalam berbagai aspek, mulai dari peningkatan cara berpikir yang inovatif, peningkatan pengetahuan akademik berbasis data dan ilmiah dan mendorong soft skill mahasiswa berupa management skill dan kemampuan berkomunikasi yang akan semakin terasah dengan baik melalui kegiatan yang direncanakan.

Sama seperti tahun 2020 lalu, tahun ini PKM masih berlangsung dalam situasi pandemi, namun sejumlah penyesuaian dilakukan, karena masyarakat telah dapat beradaptasi dengan pola kehidupan baru (new normal), ”Pada tahun 2020, karena masih berlangsung di awal masa pandemi, semua pelaksanaan kegiatan dilakukan secara daring dan luarannya berupa konsep. Sementara tahun 2021 ini pelaksanaan lebih fleksibel dan bisa gabungan dari kegiatan secara daring dan luring. Selain itu dari sisi jumlah keterlibatan mahasiswa juga berubah dibanding sebelumnya. Tahun ini jumlah mahasiwa dalam kelompok ditetapkan berjumlah 3-5 orang. Dari sisi durasi pelaksanaannya pun lebih panjang, dimana tahun ini PKM berdurasi 3-4 bulan,” rincinya. Sementara pendanaan yang diperoleh adalah sebesar Rp 5-10 juta sesuai proposal yang diajukan mahasiswa.

Selain seremoni yang dihadiri oleh pimpinan atau penanggungjawab program dari masing-masing perguruan tinggi, acara ini juga diikuti oleh para mahasiswa dari masing-masing perguruan tinggi penerima hibah sebanyak lebih dari 150 peserta yang mengikuti kegiatan secara daring melalui aplikasi zoom dan kanal youtube Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

Tim Media dan PublikasiUniversitas Bhayangkara Jakarta Raya