Bekasi – Universitas Bhayangkara Jakarta Raya (Ubhara Jaya) berkomitmen kuat untuk mewujudkan lingkungan akademik yang bebas dari penyalahgunaan narkoba. Hal ini disampaikan oleh Rektor Ubhara Jaya, Inspektur Jenderal Polisi (Purn) Dr. Drs. Bambang Karsono, S.H., M.M. saat membuka acara puncak Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun 2021 yang diikuti lebih dari 1869 Mahasiswa Baru yang telah dinyatakan lulus dan mendaftar ulang di Ubhara Jaya pada Rabu (08/09/2021)

“Selamat datang di Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, Kampus kebanggaan kita bersama, kebanggaan masyarakat dan juga keluarga POLRI. Yakinkan anak-anakku sekalian tidak salah pilih. Kalian memasuki lingkungan kampus yang dinyatakan bebas dari penyalahgunaan narkoba. Narkoba adalah musuh terbesar bagi kita dan juga generasi yang akan datang. Kampus ini berkomitmen juga mewujudkan academic environmental (lingkungan akademik), academic culture (budaya akademik) dan academic freedom (kebebasan akademik. Kesempatan terbaik yang tidak akan datang dua kali,“ tegas Rektor Ubhara Jaya.

Acara PKKMB tahun 2021 ini mengusung tema, “Membentuk Mahasiswa yang Berkarakter, Memiliki Kedalaman Ilmu, Keluhuran Akhlak, Cinta Tanah Air dan Berdaya Saing Global” dan digelar secara hybrid (gabungan) antara offline dan online serta dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan yang sangat ketat, dimana hanya perwakilan mahasiswa dari 7 Fakultas yang hadir secara fisik dan selebihnya mengikuti melalui zoom.

Rangkaian kegiatan PKKMB Tahun Akademik 2021/2022 dimulai dengan Pra-PKKMB dengan pelaksanaan tes TOEFL dan test urine (anti narkoba) dilanjutkan dengan acara puncak hingga perwalian pengisian Kartu Rencana Studi (KRS).

“Manfaatkan kegiatan ini untuk menyerap berbagai pengetahuan dari para narasumber, dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Narkotika Nasional dan juga dari Badan Intelijen Negara. Terimakasih kepada para orangtua, terimalah rasa hormat saya, karena telah mempercayakan anak-anaknya untuk menempuh kuliah di Ubhara Jaya,” tambah Rektor Ubhara Jaya, Doktor bidang Ilmu Pemerintnahan itu.

Acara puncak PKKMB diisi dengan dua sesi dialog yang menghadirkan para narasumber ahli dan kompeten di bidangnya untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada para mahasiswa baru mulai dari bidang akademik, antikorupsi, bela negara dan penerapan Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka di Ubhara Jaya.

Adapun narasumber yang hadir memberikan pembekalan kepada mahasiswa baru, yakni:

Dialog Sesi 1

1. IrjenPol (Purn) Dr. H. Bibit Samad Riyanto, M.Si (Mantan Rektor Ubhara Jaya, Mantan Komisioner KPK, dan Kepala Pusat Kajian Ilmu Kepolisian dan Anti Korupsi Ubhara Jaya)

2.  Dr. As’ad Said Ali (Wakil Ketua BIN Periode 2000-2010, Wakil Ketua Umum PBNU 2010-2015)

3. Brigjen Pol Teguh Iman Wahyudi, SH., MM (Direktur Pemberdayaan Alternatif BNN)

Dialog Sesi 2

  1. Dr. M.Samsuri (Kepala Biro Perencanaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia)
  2. Prof. Drs. Tatang Ary Gumanti, M.Buss.Acc.,Ph.D (Wakil Rektor I Ubhara Jaya)