Jakarta – Universitas Bhayangkara Jakarta Raya menggelar Pekan PKKMB (Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru) dari tanggal 4 – 8 September 2023. Acara yang menandainya dimulainya Tahun Akademik 2023/2024 bagi mahasiswa baru ini bertema, “Membangun Karakter Mahasiswa Ubhara Jaya yang Tangguh dan Berintegritas di Era Digital utnuk Menyongsong Indonesia Maju 2045, dan dibuka langsung oleh Rektor Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, Irjen. Pol. (Purn) Prof. Dr. Drs. Bambang Karsono, S.H., M.M.

Pekan PKKMB ditandai dengan Pelantikan Mahasiswa Baru dengan Pemakaian Jaket Almamater dan Pemasangan Tanda Peserta pada 7 Mahasiswa perwakilan dari masing-masing fakultas yang dilakukan langsung oleh Rektor Ubhara Jaya.

“Pekan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru yang dilaksanakan oleh Ubhara Jaya selalu berpedoman pada 4 pilar yang digariskan dari Kemendikbudristek yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika. Selain itu berbagai materi pengembangan terkait Bela Negara, Wawasan Kebangsaan, Anti Narkotika dan Pendidikan Anti Korupsi yang menjadi materi materi inti yang kami berikan kepada para calon mahasiswa baru,” jelas Rektor.

Lebih jauh, Rektor Ubhara Jaya mengatakan, tahun ini Ubhara Jaya menerima 2.169 mahasiswa baru, yang terdiri dari 2.067 Mahasiswa S1, 74 Mahasiswa S2 dan 28 Mahasiswa S3. Ubhara Jaya mewajibkan kepada calon mahasiswa untuk dilakukan test urine, “Ini menjadi bentuk komitmen kami, untuk menciptakan lingkungan akademik yang bebas dari penyalahgunaan narkoba. Komitmen yang telah dilakukan sejak beberapa tahun terakhir dengan bekerja sama dengan BNN,” tegas Rektor lagi.

Selain itu, sebagai upaya mendorong mahasiswa memiliki kemampuan penguasaan bahasa asing dalam menyongsong persaingan di dunia kerja, Ubhara Jaya juga menggelar menu wajib Test TOEFL bagi mahasiswa baru Ubhara Jaya.

Berbagai kegiatan untuk menambah wawasan dan pengetahuan bagi mahasiswa baru digelar dengan menghadirkan talkshow menarik dan berbagai narasumber yang kompeten diantaranya terkait tema-tema mengenai,Mengenal Pendidikan Tinggi di Era 4.0 dan 5.0 dan Program MBKM, “Peran Generasi Muda dalam Menghadapi Tantangan Bangsa Melalui Sikap Bela Negara, ”Partisipasi Generasi Muda: Wujudkan Indonesia Bebas Narkoba dan “Aktivisme Sosial Generasi Muda Anti Korupsi, Radikalisme dan Terorisme.

Pengenalan setiap Program Studi di Ubhara Jaya juga diberikan kepada mahasiswa, termasuk peluang-peluang beasiswa yang dapat diperoleh selama kuliah. Selain terkait aktivitas akademik, Ubhara Jaya yang selama ini dikenal dengan kegiatan-kegiatan mahasiswa yang telah menorehkan berbagai torehan prestasi positif juga memperkenalkan beragam Unit-unit Kegiatan Kemahasiswaan (UKM) yang dapat diikuti oleh mahasiswa, mulai dari Paduan Suara Mahasiswa Bharagita, UKM di bidang Seni dan juga berbagai Unit Kegoatan Mahasiswa di bidang olahraga.

Tim Media dan Publikasi

Ubhara Jaya