Perpisahan Cultural Exchange, 4 Mahasiswa UM Tampilkan Tarian Tradisional Hingga Ucapkan Terima Kasih ke Ubhara Jaya

17 May 2024

Bekasi – Empat mahasiswa program cultural exchange dari University of Mindanao (UM) selesai menjalankan studinya di Universitas Bhayangkara Jakarta Raya (Ubhara Jaya). Acara perpisahan mereka dengan sivitas akademika Ubhara Jaya pun digelar di Kampus II, Bekasi, Jumat (17/5/2024). 

Keempat mahasiswa tersebut yakni Johndex Emanuel S. Villarico, Cyrah Angela Andres,  Christian James A. Grafil dan Kyla T. Rosales. Dalam kesempatan tersebut, keempatnya menampilkan tarian tradisional Filipina yakni Polka Sa Nayon.

Ucapan perpisahan dari Rektor Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, Irjen Pol (Purn) Prof. Dr. Drs. Bambang Karsono, S.H, M.M., Ph.D.,D.Crim (Honoris Causa) kali ini diwakilkan Wakil Rektor I Prof Dr. Ramlani Lina Sinaulan S.H., M.H. Dalam kesempatan tersebut, disebutkan para mahasiswa pertukaran pelajar ini tidak hanya belajar soal akademik. Mereka juga saling berkurang pengetahuan tentang budaya Indonesia selama tiga bulan.

“Dalam akademik kalian sudah berbagi tradisi dan sejarah dengan budaya Indonesia,” katanya, Jumat (17/5/2024).

Salam perpisahan juga disampaikan Dekan Fakultas Ilmu Hukum Dr. Rr. Dijan Widijowati, S.H., M.H. yang membimbing mahasiswa Johndex Emanuel S. Villarico. Ada juga Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Dra. Truly Wangsalegawa, M.A., M.Ed., Ph.D yang membimbing tiga mahasiswa University of Mindanao lainnya.

Sementara itu, salah satu perwakilan mahasiswa UM, Cyrah Angela Andres memberikan ucapan terima kasih kepada Rektor Ubhara Jaya Prof Bambang Karsono. Dia pun mengaku mendapatkan sambutan yang hangat dari sivitas akademik. Bahkan dia dan rekan-rekannya bisa berkeliling Jakarta hingga ke Bandung.

“Terima kasih bapak Rektor atas kemurahan hati yang bapak tunjukkan dari awal hingga saat ini. Kami masih ingat senyum hangat bapak saat menyambut kami pertama kali kami datang ke sini dan itu memberikan kepercayaan bahwa kami berada di tangan yang tepat,” ucap Cyrah.

Dia juga menceritakan salah satu momen yang tak akan dia lupakan. Mereka bisa berjalan-jalan ke Taman Mini Indonesia di mana lokasi tersebut merupakan miniatur Indonesia.

Pemberian souvenir dari Rektor Ubhara Jaya yang diwakilkan oleh Mahasiswa Program Pascasarjana Ubhara Jaya, Sri Wulandari, ST. (Foto: Dok Humas Ubhara Jaya)

Di akhir agenda perpisahan, keempatnya menerima souvenir dari Rektor Ubhara Jaya yang diwakilkan oleh Mahasiswa Program Pascasarjana Ubhara Jaya, Sri Wulandari, ST.