Prestasi Gemilang 4 Mahasiswa Ubhara Jaya, Bawa Pulang 9 Medali Di AUG 2024 

8 July 2024

Bekasi – Event ASEAN University Games 2024 yang berlangsung dari 25 Juni hingga 6 Juli di  Jawa Timur (Jatim) resmi ditutup. Empat mahasiswa Universitas Bhayangkara Jakarta Raya (Ubhara Jaya) berhasil membawa pulang 9 medali.

Medali pertama disumbang Meli Martha Rosita. Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga (PKO) ini membawa pulang emas di cabang olahraga (cabor) judo. Meli bertanding di kelas 48 kg Putri.

Perolehan medali selanjutnya disumbang Adam Putra Wahyu menyumbang perak. Adam saat itu mewakili tim Indonesia di cabang olahraga bulutangkis beregu putra.

Di pertandingan ini, Adam berpasangan dengan mahasiswa dari Universitas Mercu Buana. Di babak final Adam tumbang dari tim beregu putra dari Thailand. 

Baca Juga: Joe Aditya Wijaya, Mahasiswa PKO Ubhara Jaya Borong 6 Medali Di AUG 2024 Cabor Renang

Tambahan medali berikutnya diberikan oleh mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bhayangkara, Geraldo. Dia membawa pulang medali perak di cabang olahraga bola tangan.

Sedangkan perolehan medali terbanyak didapat oleh mahasiswa Prodi PKO Joe Aditya Wijaya Kurniawan. Dia berhasil memborong enam medali. Joe mengikuti cabang olahraga renang dengan enam kategori. 

Rincian perolehan medali yang didapatnya yakni 1 emas di kategori  4x100m Freestyle Relay Men, 1 emas kategori 4x100m Medley Relay Men, 1 perak kategori 50m Freestyle Men, 1 perak 100m kategori Freestyle Men, 1 perak kategori -4x200m Freestyle Relay Men dan perunggu di kategori 100m Butterfly Men.

Baca Juga: Asean University Games, Atlet Judo Meli Martha Rosita Raih Medali Emas Untuk Ubhara Jaya

Diketahui, ASEAN University Games (AUG) merupakan ajang olahraga dua tahunan yang melibatkan atlet dari perguruan tinggi di negara-negara anggota ASEAN. Di bawah naungan ASEAN University Sports Council (AUSC), AUG untuk pertama kali diadakan di Chiang Mai, Thailand pada 1981. Indonesia telah menjadi tuan rumah AUG sebanyak lima kali, yaitu pada tahun 1982, 1990, 2004, 2014, dan 2024.

Tahun ini Indonesia berkesempatan menjadi tuan rumah AUG yang diselenggarakan pada tanggal 25 Juni hingga 6 Juli 2024 di Jawa TImur (Surabaya-Malang). Dalam ajang ini pun tim Indonesia menang sebagai juara umum. Kontingen Indonesia merebut 17 medali emas, 12 perak dan 10 perunggu.

Tim Media dan Publikasi

Universitas Bhayangkara Jakarta Raya