Mahasiswa Ubhara Jaya Suci Rahmadhania Berbagi Kisah Sukses Raih Gelar Best Intern di MSIB Batch 6

15 July 2024

Bekasi – Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Bhayangkara Jakarta (Ubhara Jaya), Suci Rahmadhania berbagi pengalaman selama mengikuti kegiatan Magang Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Batch 6. Mahasiswa semester 6 ini bahkan menyabet gelar best intern.

Diketahui jika MSIB merupakan salah satu implementasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Sejumlah perusahaan yang menjadi tempat magang pun sebelumnya sudah melakukan kerja sama dengan Kemendikbud.

Suci menuturkan awalnya mengetahui program MSIB 6 melalui berbagai platform media sosial yang mengumumkan peluang menarik dari kampus merdeka. Dengan tawaran benefit yang menjanjikan seperti konversi 20 SKS dan uang saku sebesar Rp14 juta, Suci langsung mengajukan permohonan izin kepada program studinya untuk mengikuti kegiatan magang ini.

Usai mencari informasi tersebut, Suci pun memilih lokasi magang di PT Modular Kuliner Indonesia (Hangry Indonesia). Dia pun mengaku proses seleksi magang tersebut cukup ketat. Proses pendaftaran magang di PT Modular Kuliner Indonesia (Hangry Indonesia) membutuhkan beberapa tahapan seleksi yang ketat, termasuk seleksi administrasi, psikotes, HR interview, dan User interview.

Namun, Suci menjadi salah satu yang beruntung karena langsung diterima tanpa harus melalui tahap psikotes. Berkat pengalaman dan portofolio yang memadai. Suci berhasil melewati HR interview dan User interview dengan gemilang, akhirnya diterima sebagai KOL & Brand Partnership Intern di Hangry Indonesia.

Baca Juga: Mahasiswa Dan Alumni Ubhara Jaya Masuk Finalis Abang Mpok Kota Bekasi 2024

“Saya salah satu mahasiswa yang lolos seleksi tanpa mengerjakan psikotes di Hangry Indonesia, saya awalnya merasa insecure karena yang daftar di Hangry sudah 12.000 mahasiswa which is dari kampus kampus Negeri & ternama, jadi diawal saya memutuskan untuk tidak lanjut mengikuti proses recruitment nya,” ucapnya.

Pengalaman Magang

Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Univeritas Bhayangkara Jakarta (Ubhara Jaya), Suci Rahmadhania (tengah) menerima piagam penghargaan sebagai best intern – MSIB 6

Selama magang selama 4,5 bulan di Hangry, Suci mendapatkan banyak pengalaman berharga. Bertemu dengan orang-orang dari berbagai universitas terkemuka memberikan motivasi baru. Selain menjadi KOL Specialist, Suci juga aktif sebagai KOL di TikTok dengan lebih dari 115.000 pengikut.

Kabar baiknya, Suci berhasil meraih predikat sebagai salah satu dari Top Ten Best Intern di antara 65 peserta magang lainnya. Raihan best intern ini rupanya lantaran Suci bisa mengelola 200+ KOL Seeding End to End dalam 2 brand Hangry, yaitu Accha dan RaiMen. Listing KOL Paid 100+ KOL dengan memilih influencer yang relevan dan engaged. Dia juga berkolaborasi dengan 3 komunitas dalam waktu satu bulan, termasuk voluntripkitabisa, Bergeract.id, dan komunitas lainnya.

Baca Juga: Cerita Nabila Qothrunnada Zulfa, Wakili Ubhara Jaya Ke Pilmapres 2024 Hingga Tahap LLDikti III

Tips untuk Sukses Magang dan Berprestasi

Kepada mahasiswa Ubhara Jaya yang hendak mengikuti jejaknya, Suci berpesan agar mahasiswa jangan sungkan bertanya tentang hal-hal yang tidak diketahui. Dia pun menyarankan untuk menunjukkan kesungguhan dan keinginan untuk belajar serta berkontribusi secara maksimal. Bersikap proaktif dan ajukan diri untuk membantu kampanye atau sampaikan ide-ide baru. Minta feedback dari atasan atau rekan kerja mengenai kinerja.

“Pesan terakhir yang paling penting yaitu menjaga etika kita, sedekat apapun kita sama atasan kita, tetap kita harus punya etika karena bagaimanapun juga kita masih punya batasan terhadap mereka,” katanya.

Tim Media dan Publikasi

Universitas Bhayangkara Jakarta Raya