Fakultas Teknik Ubhara Jaya Latih Mahasiswa Menulis Artikel Ilmiah Nasional

29 July 2024

Bekasi – Fakultas Teknik Universitas Bhayangkara Jakarta Raya (Ubhara Jaya) menggelar workshop bertajuk “Penyusunan Artikel Ilmiah Nasional Bidang Teknik untuk Peningkatan Publikasi Mahasiswa dalam Rangka Peningkatan Akreditasi Program Studi”, Senin (19/7/2024). Agenda ini digelar secara luar jaringan (luring) dan dalam jaringan (daring) zoom meeting

Dekan Fakultas Teknik, Ubhara Jaya Dr. Tulus Sukreni, S.T., M.T. saat membuka workshop mengatakan, kegiatan ini digelar untuk memenuhi laporan kinerja program studi (prodi). Salah satu yang diperlukan yakni laporan publikasi ilmiah mahasiswa.

“Jadi proses perkuliahan ini khususnya di fakultas teknik itu dievaluasi oleh penjaminan mutu internal dan ekstalnya. Internal oleh LPM Ubhara Jaya, kalau eksternal itu kita dievaluasi oleh Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM-Teknik). Kita tidak bisa sembarangan menyusun kurikulum atau melakukan perkuliahan di fakultas teknik. Salah satu tadi yang diminta yaitu data publikasi ilmiah mahasiswa,” ucapnya.

Baca Juga: Wakili Ubhara Jaya, Tim Fakultas Teknik Boyong 2 Piala di Ajang Engineering Gathering Week

Dr. Tulus Sukreni juga mengharapkan usai digelarnya workshop ini, syarat data publikasi mahasiswa ini bisa terpenuhi. Sehingga akreditasi fakultas teknik yang sebelumnya Baik Sekali bisa meningkat ke Unggul.

“Sebagai kita ketahui, akreditasi di fakultas teknik sudah Baik Sekali dan kemarin kami disurati LAM-Teknik untuk ditingkatkan ke Unggul. Jadi kita mulai memenuhi syarat untuk unggul tersebut,” katanya.

Acara ini dipandu moderator Widya Spalanzani, S.T., M.T dengan pemateri merupakan Dosen Tetap Program Studi Teknik Industri, Yuri Delano Regent Montororing, S.T., M.T.

Dalam pemaparannya, Yuri menjelaskan cara-cara penulisan artikel ilmiah. Dari metodologi penelitian hingga template penulisan untuk mahasiswa. Salah satunya dia mencontohkan penulisan nama peneliti.

Baca Juga: Intip 4 Prodi di Fakultas Teknik Ubhara Jaya Lengkap Dengan Fasilitasnya

“Syarat saya itu mahasiswa tetap dijadikan first author (penulis utama), dosennya jadi koresponden,” katanya.

Di akhir pemaparan, Yuri mengingatkan pentingnya penulisan yang beretika yakni tidak plagiarisme. Apalagi aturan plagiarisme sudah ada dalam Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2021 Tentang Integritas Akademik dalam Menghasilkan Karya Ilmiah dituliskan soal larangan plagiasi. Dalam pasal 9 poin C disebutkan plagiat termasuk dalam pelanggaran integritas akademik dalam menghasilkan karya ilmiah. 

Rencananya, workshop ini akan berlanjut ke Seminar Nasional Teknik (SEMNASTEK) dengan tema “Aplikasi rekayasa keteknikan dalam disrupsi teknologi dan industri” yang digelar pada Sabtu, 3 Agustus 2024.

Tim Media dan Publikasi

Universitas Bhayangkara Jakarta Raya