Bekasi – Mahasiswa Universitas Bhayangkara Jakarta Raya (Ubhara Jaya) Annisa Dewi Ambarwati dalam skripsinya menemukan ada tiga faktor konsumen membeli produk. Selain kualitas produk, diskon dan kualitas pelayanan juga mempengaruhi.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya penurunan jumlah penjualan yang kurang stabil dan mengalami fluktuasi dalam salah satu produk vitamin rambut. Mahasiswa Program Studi Manajemen angkatan 2020 ini mengatakan, penelitian ini dilakukan di Kelurahan Teluk Pucung, Bekasi.
Annisa menuturkan, dari prasurvey ditemukan bahwa faktor produk, diskon, dan kualitas pelayanan membuat konsumen tertarik untuk membeli.
“Para responden menyatakan bahwa persepsi terhadap harga produk yang mahal dan promosi penjualan yang kurang maksimal itu akan mempengaruhi mereka untuk melakukan pembelian suatu produk,” katanya.
Dari 150 sampel perempuan dengan usia dari 17-50 yang diteliti, dalam saat ditanya tentang apa yang membuat konsumen membeli produk ada tiga jawaban. Sebanyak 50 persen menyatakan membeli produk karena kandungannya, 30 persen karena promo danpotongan harga dan 20 persen menyebutkan karena kualitas pelayanan yang baik.
Annisa pun bersyukur respons para dosen sangat positif terhadap penelitiannya tersebut. Dia pun memperoleh nilai A.
“Setelah saya memaparkan skripsi secara singkat dosen langsung mengatakan bahwa saya layak untuk mendapatkan nilai A,” katanya.
Tim Media dan Publikasi
Universitas Bhayangkara Jakarta Raya