Kegiatan Sekolah Lansia Bahtera di Ubhara Jaya Dapat Apresiasi Pemerintah Setempat

2 September 2024

Bekasi – Sekolah Lansia Bahtera Sejahtera (Bahtera) Kecamatan Bekasi Utara yang merupakan program pengabdian masyarakat Fakultas Psikologi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya (Ubhara Jaya) mendapatkan apresiasi dari pemerintah setempat. Hal itu terlihat dalam kontribusi Dinas Kesehatan Kota Bekasi hingga pemerintah di tingkat Kecamatan Bekasi Utara saat kegiatan Merdeka Sehat dan Bahagia Bersama Lansia di Kampus II Ubhara Jaya, Sabtu (30/8/2024).

Kegiatan sekolah lansia kali ini masih dalam moment memperingati Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79. Acara tersebut dihadiri jajaran pejabat Dinas Kesehatan salah satunya Ketua Tim Kerja Kesehatan Keluarga dan Gizi Miriawati, S.KM., M.KM dan Sekretaris Camat Bekasi Utara, Rismannafar Tri Darajat, S.IP., M.Si.

Acara tersebut isi dengan senam lansia, penampilan angklung hingga lomba-lomba. Pengelola Sekolah Lansia Bahtera, Prof. Drs., Adi Fahrudin, S.Psi., M.Soc., Sc., Ph.D  berpesan agar para lansia tetap aktif dalam mengikuti sekolah. 

“Kita harus aktif dan kegiatan lansia ibu-ibu dan bapak-bapak ini jangan sampai berhenti setelah sekian waktu mundur-mundur hilang satu-satu alasannya macam-macam. Yang paling penting semangat,” ucapnya.

Pembukaan kegiatan Merdeka Sehat dan Bahagia Bersama Lansia di Kampus II Ubhara Jaya, Sabtu (30/8/2024).

Baca Juga: Sekolah Lansia Bahtera di Ubhara Jaya Mengedukasi Pentingnya Makanan Bergizi Penunjang Kesehatan

Prof Adi juga mengucapkan terima kasih atas kolaborasi yang dilakukan Dinkes Kota Bekasi yang melibatkan puskesmas dan Kecamatan Bekasi Utara. Dia pun berharap kerja sama ini terus berlanjut.

“Ada kolaborasi dengan puskesmas dan kecamatan. Ini sangat jarang sekali di kecamatan lain. Kolaborasi ini harus dilanjutkan jangan berhenti. Ini nanti ada lanjutannya,” katanya.

Sedangkan Camat Bekasi Utara yang diwakili Sekcam Rismannafar Tri Darajat, S.IP., M.Si berharap para peserta di sekolah lansia tetap semangat dan bahagia.

“Selamat menikmati, semoga penuh semangat dan kebahagiaan,” tuturnya.

Baca Juga: Sekolah Lansia, Wujud Pengabdian Masyarakat Fakultas Psikologi Ubhara Jaya

Diketahui jika Sekolah Lansia merupakan kerja sama pemerintah Kota Bekasi dengan Lembaga swadaya masyarakat (LSM) Indonesia Ramah Lansia (IRL).  Untuk pelaksanaanya, sekolah lansia ini gelar sekali dalam sebulan. Saat ini, program Sekolah Lansia Bahtera Kecamatan Bekasi Utara ini sudah lima kali dilaksanakan. 

Tim Media dan Publikasi 

Universitas Bhayangkara Jakarta Raya