Prospek Karier Lulusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga: Apa Saja?

2 September 2024

Bekasi – Prospek karier lulusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga (PKO) akan dibahas dalam artikel ini. Informasi ini penting bagi kamu yang sudah menjadi bagian dari program studi (Prodi) PKO atau masih galau mencari jurusan kuliah.

Diketahui jika, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya (Ubhara Jaya) memiliki Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) dengan 2 prodi yaitu Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dan Pendidikan Kepelatihan Olahraga (PKO).

Saat ini, Prodi PKO Ubhara Jaya sudah mengantongi akreditasi Baik Sekali dari Lamdik. Memilih jurusan tentu tak jauh-jauh dari pembahasan akan kerja apa setelah lulusa nanti. Lalu lulusan Prodi PKO Ubhara Jaya bisa jadi apa? 

Peluang Kerja Lulusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga

Wakil Dekan II FIP, Suharjuddin, S.Pd., M.Pd mengatakan, dari beberapa pengalamannya banyak orang tua atau calon mahasiswa mengetahui jika lulusan PKO hanya menjadi pelatih olahraga. Namun, faktanya saat ini bahkan pembukaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) banyak yang membuka peluang guru olahraga untuk lulusan PKO.

“Banyak yang berfikir kalau kuliah di PKO itu enggak bisa jadi guru. Padahal dari asosiasi dan pembukaan CPNS yang sekarang itu boleh guru olahraga adalah lulusan PKO,” katanya.

Baca Juga: Atlet Berprestasi Pilih Kuliah di Ubhara Jaya, Ayo Gabung Prodi Pendidikan Kepelatihan Olahraga

Bahkan peluang untuk masuk ke dunia pendidikan sangat besar bagi lulusan PKO. Mereka tidak hanya bisa masuk ke jenjang Sekolah Dasar (SD) tetapi hingga Sekolah Menengah Atas (SMA).

“Jadi lulusan PKO itu boleh jadi guru mungkin sebagian dari masyarakat beranggapan jika PKO itu lulusannya hanya bisa jadi pelatih, padahal bisa kok menjadi guru. Padahal PKO itu peluangnya lebih besar jadi guru SD, SMP dan SMA. Kalau PGSD itu kan memang spesifikasinya untuk SD saja,” ucapnya.

Baca Juga: Tim Prodi PKO Ubhara Jaya Sabet Juara 1 Lomba Teknologi Tepat Guna Unggulan Kota Bekasi 2024

Di dunia olahraga, lulusan PKO di Ubhara Jaya bahkan sudah ada yang menjadi instruktur senam. Di bidang lain, lulusan PKO juga bisa menjadi konsultan olahraga, jurnalis khusus olahraga hingga manajer acara olahraga. Bahkan di Ubhara menjadi tempat atlet profesional menamatkan pendidikan sarjana mereka. 

Tertarik bergabung dengan PKO Ubhara Jaya? kamu bisa mendaftar di tautan https://pmb.ubharajaya.ac.id/homepage

Tim Media dan Publikasi 

Universitas Bhayangkara Jakarta Raya