Prestasi Nindy Natalia Mahasiswa Ubhara Jaya di PON XXI 2024, Sumbang Emas dari Cabor Kurash

13 September 2024

Banda Aceh – Prestasi gemilang kembali ditorehkan mahasiswa Universitas Bhayangkara Jakarta Raya di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 Aceh-Sumatera Utara (Sumut). Perolehan medali emas diraih mahasiswa Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga (PKO) Nindy Natalia Pattipeme.

Mahasiswi semester 10 ini bertanding di cabang olahraga (cabor) Kurash Kelas 63 Kg Putri. Nindy mewakili tim dari DKI Jakarta. 

Perolehan medali emas oleh mahasiswa Ubhara Jaya di ajang PON XXI 2024 ini merupakan kali kedua. Sebelumnya ada Meli Marta Rosita yang membawa medali emas di cabor Judo kelas 48 Kg Putri.

Baca Juga: PON XXI 2024 Aceh-Sumut, Mahasiswa Ubhara Jaya Meli Marta Rosita Raih Emas di Cabor Judo

Apa Itu Olahraga Kurash?

Dikutip dari NOC Indonesia, Kuras merupakan gulat tradisional dari Uzbekistan, yang dipraktekan sejak zaman kuno. Cara main nya yakni dilakukan oleh dua atlet, satu berbaju hijau dan satu berbaju biru. Tujuannya adalah mencoba saling melempar ke tanah. 

Baca Juga: Atlet Berprestasi Pilih Kuliah di Ubhara Jaya, Ayo Gabung Prodi Pendidikan Kepelatihan Olahraga

Jika salah satu terjatuh dengan punggung di tanah, kemenangan langsung diraih. Jika terjatuh di salah satu sisi tubuh, si pelempar akan mendapat nilai. Angka yang lebih rendah diberikan jika berhasil menjatuhkan lawan di bagian perut atau di sisi tubuh secara tidak meyakinkan. Yang mendapatkan angka terbanyak akan menjadi pemenang. Kurash pertama kali dipertandingkan di Asian Indoor Games pada tahun 2007.

Tim Media dan Publikasi

Universitas Bhayangkara Jakarta Raya