UKM GDSC Ubhara Jaya, Wadah Pengembangan Diri Mahasiswa di Bidang Teknologi Google

18 October 2024

Bekasi – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Google Developer Student Clubs (GDSC) menjadi pilihan yang tepat bagi mahasiswa yang ingin mengembangkan diri di bidang teknologi google. UKM ini cocok bagi kamu yang ingin belajar pemrograman. 

Waki Ketua UKM GDSC, Nafis Almajid mengatakan, UKMnya baru terbentuk di tahun 2022. Sebelumnya, GDSC hanya berbentuk komunitas. Dengan struktur organisasi yang lebih tertata, GDSC memiliki enam kelas yang mencakup berbagai bidang, yaitu Data Science, IT Network, Mobile Developer, Frontend Developer, Backend Developer, dan UI/UX Designer.

Setiap kelas ini dilengkapi dengan mentor yang berasal dari tim inti GDSC, dan mahasiswa UBJ yang ingin bergabung sebagai pengurus harus melalui proses seleksi untuk memastikan kompetensi mereka.

“Setiap kelasnya ada mentor-mentor yang juga bagian dari core team ini. Jadi, mahasiswa UBJ yang ingin menjadi pengurus akan ada seleksinya, mereka kompeten atau tidak untuk menjadi mentor,” tambah Nafis. 

Baca Juga: Aksi Memukau Para UKM di Ubhara Jaya Sukses Curi Perhatian Mahasiswa Baru

Program pembelajaran ini berlangsung selama tiga bulan empat bulan dengan sesi pertemuan lima sampai tujuh kali pertemuan. Walaupun mayoritas anggota GDSC berasal dari Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom), GDSC juga menarik minat mahasiswa dari berbagai fakultas lain, seperti Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Komunikasi (FIKOM), hingga mahasiswa Psikologi.

Keikutsertaan mahasiswa dari luar Fasilkom memberikan perspektif yang lebih luas dalam kegiatan GDSC. Misalnya, mahasiswa Psikologi yang bergabung dalam kelas UI/UX Design dapat memperdalam pemahaman mereka tentang bagaimana selera desain berkaitan dengan kepribadian seseorang. Selain itu, mahasiswa Hukum pun dapat ikut berdiskusi mengenai isu-isu seperti data security dan cyber security dalam kelas-kelas terkait.

“Kalau dari psikologi itu pernah itu kelas UI UX Design jadi dia mau memperluas pandangan dia bagaimana cara orang membuat desain. Jadi selera desain si A itu seleranya seperti apa nanti dikaitkan dengan kepribadiannya,” katanya.

Selain kelas, GDSC UBJ juga aktif mengadakan seminar yang membahas berbagai topik, termasuk Artificial Intelligence (AI). Seminar ini diisi oleh dosen Fasilkom dan juga sesi berbagi karier yang melibatkan alumni GDSC UBJ yang telah sukses di bidangnya.

“Alhamdulillah, banyak peminatnya,” tutur Nafis. 

Hal ini menunjukkan antusiasme yang tinggi dari mahasiswa UBJ untuk terus belajar dan berkembang.

Salah satu kegiatan di UKM Google Developer Student Clubs Ubhara Jaya (Foto: Dok UKM GDSC)

Baca Juga: Mau Mahir Reportase Seperti Jurnalis? Ayo Gabung LPM Pena Muda Ubhara Jaya

Jumlah Anggota UKM

Tahun 2023, jumlah anggota GDSC UBJ mencapai 100 orang, dengan 80 di antaranya masih aktif mengikuti kegiatan. Dalam acara Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) 2024, terdapat tambahan 120 peserta baru yang menunjukkan minat untuk bergabung. 

GDSC UBJ juga telah bekerja sama dengan beberapa perusahaan, seperti Gits.id, Skillvul, dan Dicoding sebuah perusahaan pembelajaran online berbasis teknologi. Meskipun saat ini belum ada kerja sama dengan GDSC kampus lain, Nafis optimistis bahwa kolaborasi dengan kampus lain dapat terwujud di periode mendatang.

Pesan untuk Mahasiswa yang Ingin Bergabung di GDSC

Nafis mengajak mahasiswa UBJ yang tertarik di bidang teknologi untuk tidak ragu bergabung dengan GDSC. “Teman-teman jangan ragu, kalian bisa langsung join saja. Di sini itu tempat untuk teman-teman belajar,” katanya. 

Untuk bergabung, mahasiswa tidak selalu harus memiliki perangkat canggih. Beberapa kelas, seperti IT Security, lebih banyak berfokus pada teori dan praktik virtual sehingga bisa diikuti dengan fasilitas yang ada di lab Fasilkom.

Dengan berbagai kegiatan dan fasilitas yang ditawarkan, GDSC Ubhara Jaya menjadi tempat yang ideal bagi mahasiswa untuk memperdalam ilmu teknologi dan mengembangkan karier di bidang tersebut.

Tim Media dan Publikasi

Universitas Bhayangkara Jakarta