Ubhara Jaya Gelar Wisuda Off Line To On Line Sarjana dan Magister Semester Ganjil Tahun Akademik 2020/2021

26 May 2021

Bekasi – Universitas Bhayangkara Jakarta Raya (Ubhara Jaya) menggelar acara wisuda secara terbatas di Auditorium Ubhara Jaya, Kampus II Bekasi, Selasa pagi (25/5/2021) untuk mengukuhkan bagi 363 wisudawan, yang terdiri dari 339 lulusan Sarjana dan 24 lulusan Magister Semester Ganjil tahun Akademik 2020/2021 pada 25 Mei 2021 Seremoni wisuda mengambil tema “Generasi Unggul yang Kreatif dan Inovatif di Tengah Pandemi Covid-19.”

Tanpa mengurangi keabsahan dan kekhidmatan wisuda, tata upacara dalam bentuk luring hanya melibatkan para lulusan terbaik dan 2 orang perwakilan dari program studi yang hadir secara langsung. Selebihnya para wisudawan mengikuti prosesi wisuda secara daringdari tempat masing-masing, yang kemudian dipertemukan dalam satu perhelatanmelalui aplikasi zoom dan siaran langsung melalui kanal Youtube Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

Penerapan protokol kesehatan yang ketat dan pemberlakuan Test Swab Antigen kepada seluruh tamu dan undangan sebelum memasuki auditorium. Prosesi wisuda ini dihadiri secara daring oleh Kepala Kepolisian Republik Indonesia yang diwakili Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan POLRI, Komjen. Pol. Prof Dr. H. Rycko Amelza Dahniel, M.Si. Sementara hadir secara langsung, Ketua Pembina Yayasan Brata Bhakti, Jend. Pol. (Purn) Prof. Dr. Drs. Chairuddin Ismail, SH., MH., Kepala LLDIKTI Wilayah III DKI Jakarta, Prof. Dr. Agus Setyo Budi, M.Sc, Ketua Pengurus Yayasan Brata Bhakti, Ketua Badan Pelaksana Harian Ubhara Jaya, Seluruh Anggota Senat, dan Perwakilan Sivitas Akademika Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

Rektor Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, Inspektur Jenderal Polisi (Purn) Dr. Drs. Bambang Karsono, S.H., M.M. dalam sambutannya mengatakan, “Di tengah keterbatasan di tengah masa pandemi, Alhamdulillah, Kita masih diberi kesempatan untuk bertemu secara offline to online dalam keadaan sehat, berbahagia dan penuh optimisme menyambut masa depan yang lebih baik,” ucapnya mengawali sambutan.

Rektor Ubhara Jaya lalu menyebutkan selain situasi pandemi, tantangan lain yang dihadapi perguruan tinggi saat ini, adalah adanya disrupsi akibat Revolusi Industri 4.0 yang bahkan telah memasuki era Revolusi 5.0, “Kondisi ini membuat beberapa disiplin ilmu kehilangan signifikansinya akibat substansi ilmu tersebut digantikan dengan robotika. Konsekuensinya, di masa mendatang, banyak lapangan pekerjaan akan berubah, hilang, bahkan digantikan oleh otomatisasi.” Namun ia berpesan agar para wisudawan tidak patah semangat dan dapat beradaptasi dalam segala situasi dan terus menggali potensi yang ada, “Bangunlah peradaban baru dengan integritas, inovasi dan inspirasi yang telah diperoleh selama menimba ilmu dan membangun karakter di kampus ini,“pesan Rektor Ubhara Jaya.

Sebagai universitas yang sedang tumbuh berkembang, menurutnya, Ubhara Jaya saat ini terus melakukan pembenahan fundamental dengan mencanangkan paradigma baru dalam penyelenggaraan universitas melalui budaya organisasi, membangun budaya kerja profesional serta mengedepankan budaya mutu yang unggul dengan fondasi kajian akademik, penelitian dan pengabdian masyarakat yang berbasis pada budi pekerti, wawasan kebangsaan dan nilai luhur bangsa.

“Universitas Bhayangkara Jakarta Raya berupaya memperbarui semua kelengkapan dan pendukung kegiatan belajar mengajar yang berbasis pada dukungan teknologi online dan digital yang semakin disempurnakan,” tegas Rektor.

Sebagai pemantik semangat, mengakhiri sambutannya, Rektor Ubhara Jaya menyebutkan berbagai pencapaian positif ditorehkan Universitas Bhayangkara Jakarta Raya sepanjang tahun 2021, antara lain: 1). Pemeringkatan Perguruan Tinggi dari Kemenristek Dikti tahun 2021 mencapai peringkat 175 dari 4.631 PTN dan PTS di seluruh Indonesia, 2). Pemeringkatan berdasarkan online website 4 ICU atau 4 International Colleges and Universities yang meneliti 12.358 perguruan tinggu berdasarkan popularitas web di 200 negara pada tahun 2021, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya menempati peringkat 175 serta peringkat 142 untuk 4 ICU kategori Ranking Instagram Universitas (Media Sosial), 3). Pemeringkatan online website webometrics dari hasil promosi dan pengaksesan publikasi ilmiah Ubhara Jaya mencapai peringkat 163, dan 4). Peningkatan status akreditasi dari 7 fakultas yang terdiri dari 12 program studi S1, 10 diantaranya sudah mencapai akreditasi B, sedangkan 2 program studi Magister juga telah terakreditasi B.

Ubhara Jaya sebagai Salah Satu dari 50 Perguruan Tinggi Swasta Terbaik

Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III, Prof. Dr. Agus Setyo Budi, M.Sc, mengapresiasi sejumlah pencapaian dan prestasi yang telah ditorehkan Ubhara Jaya hingga saat ini, hingga menjadi salah satu dari 50 perguruan tinggi swasta terbaik di lingkungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III Provinsi DKI Jakarta menurut Klasterisasi Pendidikan Tinggi.  Untuk itu, Ia berharap para wisudawan dapat mengaplikasikan ilmu yang didapatkan dengan penuh tanggungjawab, “Kelulusan bukanlah akhir tapi awal dari perjalanan panjang yang akan dilewati generasi muda penerus bangsa,” ujar Kepala LLDIKTI Wilayah III, mengawali sambutannya.

Menurut Prof. Dr. Agus Setyo Budi, M.Sc, budaya akademik yang kolaboratif dan karakter unggul di perguruan tinggi menjadi kunci dalam membangun sumber daya manusia menyambut Indonesia Emas Tahun 2045. Diperlukan adaptasi dan transformasi dalam sektor pendidikan, seperti kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang tengah digalakkan oleh pemerintah saat ini, untuk merelevansikan lulusan dengan kebutuhan masyarakat dan industri. “Pembelajaran nantinya tidak berfokus dari pendidik saja melainkan dari berbagai sumber yang berfokus kepada pembelajar atau student centred learning,” jelasnya lagi.

Lebih jauh, Ia juga mengapresiasi sejumlah pencapaian positif yang ditorehkan Ubhara Jaya melalui Program Kampus Merdeka sepanjang tahun 2021, antara lain: 1). Lolos Program Bangkit, 2). Berkontribusi dalam Program Kampus Mengajar, 3). Lolos Program Bantuan Kerjasama Kurikulum dan Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan 4). Memperoleh Hibah Penelitian Dosen.

Ubhara Jaya Menyongsong Masa Depan Menjadi Universitas Unggul

Ketua Pembina Yayasan Brata Bhakti, Jend. Pol. (Purn) Prof. Dr. Drs. Chairuddin Ismail, SH., MH, mengapresiasi berbagai torehan positif yang diraih oleh mahasiswa, dosen dan segenap civitas akademika Ubhara Jaya hingga saat ini. Ia mengatakan, saat ini Ubhara Jaya berada di jalur yang tepat menyongsong masa depan menjadi universitas unggul.

“Saya mengapresiasi penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang terus dilakukan secara optimal, begitu pula dengan pengembangan kurikulum yang sejalan dengan Visi dan Misi Ubhara Jaya dalam mendukung tugas kepolisian melalui penyiapan mata kuliah Ilmu Kepolisian dan Intelijen ekonomi,” ucap Ketua Pembina Yayasan Brata Bhakti.

Hal lain yang juga menggembirakan, menurutnya adalah kehadiran beberapa dosen dengan kualifikasi Guru Besar di Ubhara Jaya dan peningkatan jabatan fungsional Lektor dan Lektor Kepala di masing-masing program studi di jenjang akademik S3.

“Sebagai Ketua Pembina, Saya menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada Rektor dan segenap civitas akademika atas berbagai kemajuan. Saya berpesan agar dalam kondisi pandemi Covid 19 jangan sampai mengekang kebebasan akademik. Teruslah berinovasi dengan mematuhi protokol Kesehatan, sehingga penyelengaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi tetap berlangsung optimal dan menghasillkan lulusan yang dapat mengangkat kredibilitas Ubhara Jaya. Selamat kepada para wisudawan dan wisudawati atas prestasi dan kesungguhannya menimba ilmu di Ubhara Jaya. Kepada keluarga, selamat dan terimakasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepada Ubhara Jaya untuk mendidik putera puterinya,” ucap Ketua Pembina Yayasan Brata Bhakti mengakhiri sambutannya.

Selanjutnya wisuda diisi dengan Orasi Ilmiah untuk memberi bekal dan wawasan bagi para wisudawan dalam menghadapi dunia kerja yang disampaikan oleh anggota senat Ubhara Jaya, Prof. Dr. Rahayu Hartini, SH, M.Hum dengan judul orasi ilmiah, “Generasi Unggul yang Kreatif dan Inovatif di Tengah Pandemi Covid-19.”

Tentang Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Universitas Bhayangkara Jakarta Raya (Ubhara Jaya) adalah salah satu Perguruan Tinggi Swasta yang berada dibawah pembinaan Yayasan Brata Bhakti sebagai badan penyelenggara.Yayasan Brata Bhakti didirikan oleh Kapolri sebagai wahana partisipasi POLRI dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia pada umumnya dan keluarga besar POLRI pada khususnya.

Universitas Bhayangkara Jakarta Raya adalah kampus yang terbuka bagi masyarakat umum dan memiliki tujuan menjadi fasilitator bagi seluruh civitas akademika untuk melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Segala bentuk kegiatan universitas berfokus untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa agar menjadi sarjana yang mampu berperan di masyarakat sesuai dengan visi dan misi Ubhara Jaya.

Dengan Akreditasi Institusi B, fasilitas lengkap dan biaya kuliah terjangkau, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya memiliki 7 Fakultas dan 14 program studi yakni:

  1. FAKULTAS HUKUM

Program Studi Ilmu Hukum

  • FAKULTAS TEKNIK

Program Studi Teknik Industri, Program Studi Teknik Kimia, Program Studi Teknik Lingkungan, dan Program Studi Teknik Perminyakan

  • FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS

Program Studi Manajemen dan Program Studi Akuntansi

  • FAKULTAS ILMU KOMUNIKASI

Program Studi Ilmu Komunikasi

  • FAKULTAS PSIKOLOGI

Program Studi Psikologi

  • FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga (PKO)

  • FAKULTAS ILMU KOMPUTER

Program Studi Informatika

PROGRAM MAGISTER (S2)

Program Studi Magister Manajemen

Program Studi Magister Ilmu Hukum

Pendaftaran Online: http://pmb.ubharajaya.ac.id

Untuk informasi lebih lanjut, follow akun media sosial kami:

Website: https://ubharajaya.ac.id

Instagram: @ubhara_jaya

Facebook: Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Youtube: Ubhara Jaya

Telp: +62 21 88955882

Email: infopmb@ubharajaya.ac.id

WA: 0812.8880.8191

KAMPUS I

Jl. Harsono RM No.67 Ragunan Pasar Minggu

Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12140, Indonesia

KAMPUS II

Jl. Raya Perjuangan Bekasi Utara, Kota Bekasi

Jawa Barat 17121, Indonesia

Tim Media dan Publikasi

Universitas Bhayangkara Jakarta Raya