Asesmen Lapangan, Asesor LAMDIK Cek Pembelajaran Praktik Mahasiswa PKO Ubhara Jaya

11 June 2024

Bekasi – Tim asesor dari Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK) mengecek langsung proses pembelajaran praktik lapangan mahasiswa Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga (PKO), Universitas Bhayangkara Jakarta Raya (Ubhara Jaya), Selasa (11/6/2024). Diketahui agenda asesmen lapangan ini dilaksanakan selama dua hari dari Senin (10/6/2024).

Di agenda kedua asesmen, kedua asesor Prof. Dr. Nurul Ihsan, S.PD. M.Pd dari Universitas Negeri Padang dan Prof. Dr. Rahma Dewi, M.Pd pun berbagi tugas untuk melihat langsung kegiatan mahasiswa secara langsung. Di hari pertama keduanya sudah melakukan wawancara dengan dosen, mahasiswa hingga alumni. 

Di hari berikutnya, keduanya memantau langsung aktivitas mahasiswa. Salah satu yang menjadi agenda asesmen yakni pembelajaran praktik lapangan mahasiswa Prodi PKO. Aktivitas mereka yang berada di lapangan basket Ubhara Jaya dipantau langsung tim asesor. 

Asesmen Lapangan, Asesor LAMDIK Cek Pembelajaran Praktik Mahasiswa PKO Ubhara Jaya (Foto: Dok Humas Ubhara Jaya)

Usai melakukan pengecekan keduanya kembali berdiskusi untuk memberikan sejumlah catatan yang perlu diperbaikin oleh jajaran pejabat di PKO. Di akhir asesmennya, Prof Nurul memberikan sejumlah masukan untuk Ubhara Jaya.

Baca Juga: Cerita Wisudawan Terbaik Putri Ayuni Agustina, Lulus Ubhara Jaya Tanpa Skripsi

Prof Nurul juga berharap jika pantauan lapangan ini semoga hasilnya sesuai dengan ekspektasi Ubhara Jaya.

“Mudah-mudahan kunjungan kami ke sini memiliki arti. Sekali lagi bapak ibu, kami tidak memutuskan. Jadi kami lihat, berdiskusi kemudian melaporkan hasil diskusi nanti keputusan final ada di pihak majelis. Nantinya majelis yang akan menilai, apakah penilaian kami ini dapat diterima atau enggak nanti baru ada finalnya. Tugas kami hanya melihat dan melaporkan,” ucapnya.

Baca Juga: Kisah Anugerah Nurul, Peraih Perak Karate SEA Games 2023 Yang Tak Lupakan Pendidikan

Sementara itu Rektor Ubhara Jaya, Irjen Pol (Purn) Prof. Dr. Drs. Bambang Karsono, S.H, M.M., Ph.D.,D.Crim (Honoris Causa) mengucapkan terima kasihnya atas masukan dari para asesor. Prof Bambang pun siap untuk semakin lebih baik dengan sejumlah masukan yang ada.

“Jadi tugas kita semua untuk selalu mengaktualisasikan diri, memperbaiki kekurangan dan meningkatkan sesuatu yang sudah berhasil. Kita harus berproses menuju yang lebih baik,” ujarnya.

Diketahui jika Prodi PKO sudah berdiri sejak tahun 2017. Di tahun 2019, Prodi PKO sudah mengantongi akreditasi B yang berlaku hingga 6 Agustus 2024. Maka dari itu dibutuhkan update akreditasi.