Tim Ubhara Jaya Teliti Penerapan Media Audiovisual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD

Bekasi – Universitas Bhayangkara Jakarta Raya melalui penelitian mahasiswa Zafirah Nur Amalia dan dan dosen Yosi Gumala mempublikasikan hasil penelitian dalam jurnal “RUKASI: Jurnal Ilmiah Perkembangan Pendidikan dan Pembelajaran” Vol. 02, No. 01, Tahun 2025. Penelitian ini mengeksplorasi sejauh mana media audiovisual dapat meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar.
Dalam jurnal dengan Vol. 02, No. 01, Tahun 2025, Hal. 19-31e-ISSN: 3046 -6857 ini bisa diakses di https://ojs.ruangpublikasi.com/index.php/rukasi/article/view/123/45. Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa besar pengaruh media audiovisual terhadap hasil belajar siswa di sekolah dasar. Menggunakan metode kajian pustaka, para peneliti menganalisis 30 artikel dari berbagai sumber seperti Directory of Open Access Journals (DOAJ), Sinta, Index Copernicus, dan Google Scholar.
Hasil analisis menunjukkan bahwa media audiovisual berperan penting dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Media ini memanfaatkan unsur suara dan gambar untuk menyampaikan informasi dengan cara yang menarik, membuat siswa lebih terlibat dalam proses pembelajaran.
Baca Juga: Penelitian Dosen Ubhara Jaya Soroti Disinformasi Sebagai Ancaman Keamanan Kontemporer
Metode Penelitian
Metode yang digunakan adalah kajian pustaka, yang melibatkan pengumpulan, analisis, dan sintesis hasil penelitian sebelumnya. Peneliti mengklasifikasikan dan mendeskripsikan data untuk membangun kerangka teoritis yang mendalam mengenai penggunaan media audiovisual.
Dengan penerapan media audiovisual, siswa dapat lebih mudah memahami materi yang disampaikan. Media ini juga membantu guru dalam menyusun materi yang lebih interaktif dan menarik, sehingga proses pembelajaran menjadi lebih efektif dan menyenangkan.
Baca Juga: Penelitian Dosen PKO Ubhara Jaya Temukan Dampak Latihan Pliometrik Pada Lompatan Olahraga Voli
Pentingnya Media Audiovisual dalam Pembelajaran Modern
Seiring dengan kemajuan teknologi, media pembelajaran digital seperti audiovisual semakin relevan dan diperlukan dalam pendidikan modern. Siswa dapat belajar secara mandiri maupun berkolaborasi dengan teman sebaya, mengeksplorasi materi pembelajaran secara lebih mendalam dan bermakna.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa media audiovisual adalah alat yang efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa di sekolah dasar. Penggunaan media ini tidak hanya meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa tetapi juga memperkuat pemahaman dan ingatan mereka terhadap materi yang diajarkan.
Tim Media dan Publikasi
Universitas Bhayangkara Jakarta Raya