Kuliah di University of Mindanao, 4 Mahasiswa Ubhara Jaya Bagikan Kisah Selama Studi

21 October 2024

Davao – Program student exchange antara Universitas Bhayangkara Jakarta Raya (Ubhara Jaya) dengan University of Mindanao (UM) memberikan kesempatan berharga bagi para mahasiswa untuk belajar di luar negeri. Melalui Program Fall Semester empat mahasiswa Ubhara Jaya, Ade Nuraini Rahmawati, Pasha Putri Suryani, Diffa Isnaini Kay dan Nazwa Syauqina ini bisa mengikuti pendidikan selama tiga bulan di UM.

Mereka tidak hanya mendapatkan pengalaman akademik, tetapi juga belajar banyak hal di luar kelas yang memperkaya perspektif dan wawasan. Keempat mahasiswa ini pun berbagi cerita menarik mereka selama belajar di UM.

Mahasiswa Fakultas Hukum, Ade Nuraini Rahmawati mengungkapkan bahwa pengalamannya di UM sangat seru dan menantang. Dia merasa mendapatkan banyak pelajaran, tidak hanya dalam aspek akademik tetapi juga pelajaran hidup yang tidak ternilai. Bagi Ade, pengalaman ini membantunya tumbuh menjadi pribadi yang lebih matang.

“Pengalaman aku di UM seru dan challenging banget sih. Di sini aku benar-benar belajar banyak hal, bukan cuma dalam hal akademik tapi banyak juga life lessons yang bisa diambil dari sini,” ujarnya.

Baca Juga:Cerita Mahasiswa Ubhara Jaya Ikut Pertukaran Pelajar ke University of Mindanao Filipina

Sementara, bagi Pasha Putri Suryani yang juga mahasiswa Fakultas Hukum menuturkan pengalaman belajar di University of Mindanao sangat menyenangkan meskipun perbedaan sistem pembelajaran membuatnya harus beradaptasi lebih keras.

“Perbedaan sistemnya agak capek sih, tapi teman-temannya sangat welcoming, approachable, dan yang paling penting helping!,” katanya. Dia pun merasa beruntung dapat bertemu dengan teman-teman baru yang selalu siap membantu dalam berbagai situasi.

Mahasiswa lainnya dari Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom), Diffa merasa bersyukur bisa belajar di UM karena mendapatkan banyak perspektif baru dalam memandang dunia. Dia mengaku bahwa setiap pelajaran yang ia peroleh dari program ini sangat berharga. 

“Selama belajar di UM, aku belajar banyak perspektif baru dalam memandang dunia. Aku sangat bersyukur karena semua pengalaman dan pembelajaran yang aku dapat dari sini tak ternilai harganya,” ujarnya.

Baca Juga: Ubhara Jaya Buka Peluang Mahasiswa Kuliah di Luar Negeri lewat Pertukaran Mahasiswa

Menurut Diffa, belajar di lingkungan yang berbeda membantunya melihat berbagai hal dari sudut pandang yang lebih luas.

Pengalaman serupa juga dirasakan mahasiswa Fikom Nazwa. Dia merasakan manfaat besar dari mengikuti program student exchange di UM. Program pertukaran mahasiswa ini membuka banyak kesempatan yang sebelumnya tak terbayangkan.

“Aku sangat bersyukur menjadi bagian dari program student exchange ini. Program ini membuka banyak pintu kesempatan tak terduga untuk aku sebelumnya, termasuk bertemu teman-teman dari luar dan dalam negeri,” tuturnya.

Pengalaman para mahasiswa Ubhara Jaya di University of Mindanao menunjukkan bahwa belajar di luar negeri memberikan kesempatan untuk mengembangkan diri secara akademik maupun personal. Buat mahasiswa Ubhara Jaya yang ingin mengikuti program ini bisa mempersiapkan dari sekarang. Selain bahasa Inggris, kalian juga diminta membuat essay dan mengikuti tes psikologi.

Tim Media dan Publikasi

Universitas Bhayangkara Jakarta Raya